Halo Kerabat Sofyan, berikut ini adalah beberapa hal yang sering ditanyakan seputar persiapan mengikuti Jakarta Marathon 2018. Check this out!

Q : Bagaimana tata cara pengambilan paket lomba (race pack)? Dan apakah paket lomba (race pack) milik saya dapat diwakilkan pengambilannya?

A : Apa saja syarat dan ketentuan pengambilan paket lomba (race pack collection) atas nama kepesertaan diri sendiri?

Syarat dan ketentuan pengambilan paket lomba (race pack collection) atas nama kepesertaan diri sendiri adalah:

  • Telah mendaftar Jakarta Marathon 2018
  • Telah membayar biaya pendaftaran yang dibuktikan dengan bukti transfer pembayaran
  • Telah menerima surat elektronik konfirmasi pendaftaran dari Jakarta Marathon 2018
  • Pengambilan paket lomba (race pack) dilakukan sendiri oleh peserta terdaftar dengan menukarkan lembar surat elektronik konfirmasi pendaftaran dan foto copy kartu identitas diri yang masih berlaku (KTP / SIM / Passport).

Apakah pengambilan paket lomba (race pack) atas nama kepesertaan diri sendiri dapat diwakilkan/dikuasakan oleh orang lain?

BISA. Berikut syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh orang yang akan mewakili / dikuasakan mengambil paket lomba Anda, yaitu:

  • Wajib membawa lembar surat elektronik konfirmasi pendaftaran Anda
  • Wajib membawa Surat Kuasa bertandatangan Anda yang menyatakan bahwa mengijinkan orang tersebut untuk mengambil paket lomba Anda
  • Wajib membawa fotokopi kartu identitas (KTP / SIM / Passport) Anda
  • Orang yang mewakili / dikuasakan wajib menunjukan identitas diri dan menyerahkan photo copy identitas diri (KTP / SIM / Passport).

Apa yang akan Saya terima di dalam paket lomba (race pack)?

Masing-masing peserta dari setiap kategori nomor lari akan mendapatkan:

  • Nomor lomba (BIB)
  • Kaos lari
  • Timing chip
  • Produk-produk sponsor
baca juga: List Olahraga di musim Hujan

Q : Apakah kepesertaan / nomor lomba (BIB) dapat diberikan ke orang lain?

A : Apakah kepesertaan / nomor lomba (BIB) dapat dipindahtangankan ke orang lain? Atau jika Saya tidak dapat mengikuti lomba dikarenakan hal yang mendadak, dapatkah teman Saya menggantikan Saya?

TIDAK BISA. Demi keamanan pelari maka kepesertaan lomba tidak dapat dipindahtangankan dengan alasan apapun dan nomor lomba (BIB) tidak dapat dipindahtangankan / diperjualbelikan kepada pihak lain.

Apakah ada sanksi bagi peserta yang diketahui memindahtangankan kepesertaan / nomor lomba (BIB) yang dimilikinya kepada orang lain?

  • Peserta yang diketahui memindahtangankan nomor lomba (BIB) yang dimilikinya kepada orang lain akan mendapatkan sanksi didiskualifikasi dari lomba Jakarta Marathon 2018 dan tidak diperkenankan mendaftar / berpartisipasi di Jakarta Marathon 2019.
  • Pelari yang diketahui menggunakan nomor lomba (BIB) atas nama orang lain maka kepesertaannya di Jakarta Marathon 2018 tidak diakui (didiskualifikasi) dan tidak diperkenankan mendaftar / berpartisipasi di Jakarta Marathon 2019.

Q : Apa yang saya harus lakukan pada hari perlombaan dan bagaimana perlombaan akan berlangsung ?

A : Pada pukul berapa peserta harus tiba di race central?

Para peserta dihimbau tiba di race central pada pukul 04:00 WIB.

Pada pukul berapa area start akan mulai dibuka?

Area start akan mulai dibuka pada pukul 03:30 WIB. Denah area start dijadwalkan akan tersedia di situs ini pada bulan Oktober 2018.

Bagaimana Saya masuk ke area start?

Pastikan Anda membawa dan mengenakan nomor lomba (BIB) sebagai akses masuk ke area start. Area start / finish hanya terbuka untuk para peserta lomba yang mengenakan nomor lomba resmi Jakarta Marathon 2018. Untuk alasan keamanan, hanya wheelchair dengan nomor perlombaan resmi yang dapat memasuki area start / finish.

Bagaimana Saya berbaris di garis start?

Anda harus berbaris berdasarkan dengan kategori lomba yang Anda ikuti. Barisan terdepan di garis start adalah kategori Marathon. Berturut-turut diikuti kategori Half Marathon, 10K dan 5K di baris paling akhir. Mohon Anda mengikuti petunjuk dan arahan dari Panitia di area start.

Pada pukul berapa gun time / start flag tiap-tiap kategori nomor lari dimulai?

GUN TIME / START FLAG TIAP-TIAP KATEGORI NOMOR LARI

CATEGORY GUN TIME / START FLAG
MARATHON OPEN
(MEN & WOMEN)
04:30 WIB
MARATHON INDONESIAN
(MEN & WOMEN)
04:30 WIB
MARATHON MASTER 40+
(INDONESIAN) (MEN & WOMEN)
04:30 WIB
HALF MARATHON OPEN
(MEN & WOMEN)
05:00 WIB
10K INDONESIAN
(MEN & WOMEN)
05:30 WIB
5K INDONESIAN
(MEN & WOMEN)
05:45 WIB
MARATOONZ OPEN
(BOYS & GIRLS)
08:00 WIB

Peserta yang tidak memulai start / lari dalam rentang waktu 15 menit setelah gun time / start flag dikategori lomba yang diikutinya akan dikenakan SANKSI DISKUALIFIKASI .

Apakah dapat bergabung di kategori lomba lain jika tertinggal start di kategori lomba yang seharusnya diikuti? (misalkan; Saya daftar kategori Half Marathon, tapi Saya datang terlambat, apakah saya bisa mengambil bagian di lomba kategori 10K sebagai penggantinya?)

TIDAK BISA.Penyelenggara menyediakan empat rute yang berbeda dengan waktu START yang berbeda pula untuk masing-masing kategori lomba. Peserta akan didiskualifikasi, dan pengaturan waktu tidak akan disediakan apabila Anda tidak lari di kategori yang Anda daftarkan. Peserta yang tidak memulai lari dalam kurun waktu 15 menit setelah gun time start dikategori lomba yang diikuti akan didiskualifikasi.

Apakah di area start tersedia fasiltas penitipan tas (barang bawaan)?

Sebelum memasuki area start akan tersedia fasilitas penitipan tas. Sistem penandaan penitipan tas didasarkan pada nomor lomba (BIB) Anda. Pastikan nomor yang tercatat di kartu penitipan sesuai dengan nomor lomba (BIB) Anda. Fasilitas penitipan tas akan mulai buka pada pukul 02:30 WIB s/d pukul 14:00 WIB. Apabila tas Anda belum diambil sampai dengan pukul 14:00 WIB panitia tidak bertanggungjawab terhadap kehilangan tas tersebut.

Apakah ada barang-barang yang dilarang dibawa ke area start finish?

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, berikut barang-barang / hal-hal yang dilarang di daerah startfinish, yaitu:

  • Berbagai jenis senjata (senjata api, senjata tajam, air soft gun), termasuk juga barang-barang yang berpotensi dapat digunakan sebagai senjata, semisal tongkat eksis (tongsis), helm dsb.
  • Bahan-bahan / zat-zat yang mudah terbakar.
  • Fireworksflare, asap bubuk dan atau kembang api lainnya.
  • Bahan-bahan / zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan.
  • Botol yang terbuat dari kaca (beling), gelas, kaleng atau barang lainnya yang terbuat dari kaca atau bahan rapuh lainnya.
  • Barang-barang berukuran besar seperti tangga, bangku, kursi lipat.
  • Perangkat suara, seperti megafon, horn, klakson.
  • Laser penunjuk (pointer laser)
  • Sepeda, roller bladesegway, sepeda listrik, skaters.
  • Hewan peliharaan dan berbagai jenis hewan, seperti anjing, kucing, berbagai jenis hewan unggas, berbagai jenis hewan reptile dan hewan-hewan jenis lainnya.
  • Drone (pesawat tanpa awak)
  • Rokok & korek (lighter)

Apabila ada didapati peserta membawa barang-barang / hal-hal terlarang tersebut di atas, maka pihak penyelenggara berhak menyitanya.

Apakah di area start tersedia fasiltas toilet?

Di area start akan tersedia fasiltas toilet yang cukup untuk para peserta putra dan putri. (Peserta dihimbau menggunakan toilet dengan efisien dan bertanggungjawab). Denah lokasi toilet di area start dijadwalkan akan tersedia di situs ini pada bulan September 2017.

Fasilitas apa saja yang tersedia di rute lomba?

  • Di beberapa titik kilometer rute lomba akan tersedia toilet.
  • Di beberapa titik kilometer rute lomba akan tersedia hydration point yang di support oleh Pocari Sweat.
  • Di beberapa titik kilometer rute lomba akan tersedia fruits station yang di support oleh Sunpride.
  • Di beberapa titik kilometer rute lomba akan tersedia ambulance dan tenaga medis yang di support oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.
  • Di beberapa titik kilometer rute lomba akan tersedia water sponge dan pos guyur.

Denah fasilitas-fasilitas di rute lomba dijadwalkan akan tersedia di situs ini pada bulan September 2017.

Apakah ada batas waktu (cut of time) bagi para peserta untuk mencapai garis akhir (finish line) / menyelesaikan lomba?

Masing-masing kategori nomor lari memiliki batas waktu (cut of time) penyelesaian lomba berbeda yang akan mulai dihitung sejak gun time masing-masing kategori, yaitu:

KATEGORI GUN TIME / START FLAG BATAS WAKTU LOMBA(CUT OF TIME)
MARATHON OPEN
(MEN & WOMEN)
04:30 WIB 11:30 WIB
MARATHON INDONESIAN
(MEN & WOMEN)
04:30 WIB 11:30 WIB
MARATHON MASTER 40+
(INDONESIAN) (MEN & WOMEN)
04:30 WIB 11:30 WIB
HALF MARATHON OPEN
(MEN & WOMEN)
05:00 WIB 09:00 WIB
10K INDONESIAN
(MEN & WOMEN)
05:30 WIB 08:00 WIB
5K INDONESIAN
(MEN & WOMEN)
05:45 WIB 06:45 WIB
MARATOONZ OPEN
(BOYS & GIRLS)
08:00 WIB

Para peserta dari masing-masing kategori wajib menyelesaikan lomba direntang / di bawah batas waktu yang telah ditentukan tersebut agar memperoleh catatan waktu, medali finisher dan finisher t-shirt(khusus bagi kategori marathon).

A

Q : Apa sajakah syarat dan ketentuan agar saya dapat memperoleh Finisher Tee atau Finisher Medal ?

A : Apa saja yang akan Saya peroleh jika berhasil mencapai garis akhir (finish line) sesuai / di bawah batas waktu (cut of time) lomba?

  • Bagi peserta kategori Half Marathon, 10K dan 5K berhak memperoleh medali finisher.
  • Bagi peserta kategori Marathon berhak memperoleh medali finisher dan finisher t-shirt
  • Bagi seluruh peserta yang berhasil mencapai garis akhir sesuai batas waktu berhak memperoleh refreshment di race central yang disiapkan oleh para sponsor, seperti isotonic water, beragam buah-buah segar dsb.

Apakah peserta Marathon (Open, Indonesian, Master 40+) yang berhasil mencapai garis akhir (finish line) sesuai / di bawah batas waktu (cut of time) lomba dapat memilih ukuran kaos finisher?

TIDAK DAPAT. Bagi para peserta kategori Marathon (Open, Indonesian, Master 40+) yang berhasil mencapai garis akhir (finish line) sesuai / di bawah batas waktu lomba (cut of time) akan memperoleh ukuran kaos finisher sebagaimana ukuran kaos lari yang dipilihnya saat pendaftaran. Dengan alasan apa pun, para peserta kategori Marathon (Open, Indonesian, Master 40+) yang berhasil mencapai garis akhir (finish line) sesuai / di bawah batas waktu lomba (cut of timeTIDAK DAPAT meminta pergantian ukuran kaos finisher.

Bagaimana jika Saya tidak mampu menyelesaikan lomba sesuai / di bawah batas waktu (cut of time) yang telah ditentukan tersebut?

  • Peserta yang diperkirakan tidak akan mencapai garis akhir (finish line) diwajibkan naik kendaraan penyapu yang disediakan oleh penyelenggara untuk diantar ke race central
  • Kendaraan penyapu akan berjalan mengelilingi rute untuk mengecek peserta-peserta yang tertinggal
  • Peserta yang menyelesaikan lomba melewati batas waktu yang telah ditentukan, maka capaian waktunya tidak akan dicatat sebagai catatan waktu resmi
  • Peserta yang menyelesaikan lomba melewati batas waktu yang telah ditentukan tidak berhak memperoleh medali finisher termasuk juga tidak berhak memperoleh finisher t-shirt bagi peserta kategori marathon.
  • Peserta yang mencapai race central dengan kendaraan penyapu tidak akan mendapat catatan waktu dan tidak berhak memperoleh medali finisher termasuk juga tidak berhak memperoleh finisher t-shirt bagi peserta kategori marathon.

Nah lengkap sekali kan Kerabat Sofyan. Pastikan jangan terlewat ya! Semangat berlomba! 🙂

Baca Juga :  Manfaat Shalat Ashar
You must be logged in to post a comment.
Online Booking
Property Name:
Check-in:  
Check-out:  
Adult:
Child:
Rooms:
Promo Code:
Menu
Open chat
Assalamualaikum, Sobat Sofyan