fbpx

Tips Mudik Lebaran Nyaman Bareng Anak

Assalamualaikum Kerabat Sofyan!  Tidak terasa tinggal 7 hari lagi menuju hari raya idul fitri. Nah, salah satu tradisi yang tidak bisa dihindari ketika puasa berakhir adalah mudik lebaran. Bahkan beberapa keluarga telah mempersiapkan diri mereka sejak jauh-jauh hari.

Yang paling penting dalam mempersiapkan mudik adalah mengecek kondisi kendaraan serta seluruh perlengkapan wajib dalam kendaraan, seperti segitiga pengaman, dongkrak hingga ban cadangan. Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan service dan ganti oli mesin agar kendaraan tetap nyaman digunakan. Hal ini merupakan persiapan umum yang harus dilakukan bagi para pemudik yang menggunakan mobil pribadi.

1. Sediakan ruang dan tempatkan anak di bagian belakang mobil

Pada saat melakukan perjalanan jauh, anak-anak membutuhkan ruang gerak yang cukup. Hal ini dikarenakan anak-anak masih dalam masa tumbuh kembang yang aktif sehingga perlu ruang untuk bergerak bebas. Karena itu, disarankan untuk menggunakan mobil keluarga yang bertipe SUV atau MPV ketika mudik agar memberikan rasa nyaman karena mempunyai head room yang tinggi dan leg room yang lega.

 

2. Persiapkan alat dan obat untuk anak jika mabuk perjalanan

Anak mempunyai daya tahan tubuh yang lebih lemah daripada orang dewasa. Karena itu selalu persiapkan obat untuk mabuk perjalanan serta kantong plastik sebagai kantong muntah jika anak sewaktu-waktu mengalami mabuk dalam perjalanan. Selain itu, pastikan jika kantong plastik tersebut dapat dijangkau dengan mudah, seperti di belakang kursi pengemudi atau di samping pintu.

 

3. Bawa selalu perlengkapan anak secara lengkap

Untuk selalu memberikan rasa nyaman kepada anak Anda saat mudik lebaran, sebaiknya selalu bawa kebutuhan anak-anak Anda. Bawa selalu perlengkapan seperti tisu kering dan basah, botol minuman, serta berbagai alat permainan simple yang mudah dibawa agar mereka tidak merasa bosan selama melakukan perjalanan mudik yang panjang. Selain itu, Anda juga dapat memperbanyak koleksi buku bacaan menyenangkan serta referensi games yang dapat dimainkan ketika sedang dalam perjalanan mudik. Anda juga bisa menyiapkan beberapa koleksi lagu atau film anak-anak agar menambah kenyamanan si anak.

 

4. Carilah lokasi rest area yang nyaman

Untuk memberikan rasa nyaman dalam mudik, sebaiknya berhentilah berkendara di rest area setiap tiga hingga lima jam sekali. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi si anak untuk buang air kecil atau sekedar meluruskan kaki dan melemaskan otot-otot yang tegang selama perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa juga untuk membekali mereka dengan makanan sehat agar selama perjalanan tidak merasa kelaparan. Sebaiknya selama perjalanan mudik, hindari jajan, sebab selain belum terjamin sehatnya, Anda juga dapat menghemat biaya perjalanan dengan cara membawa bekal dari rumah.

 

5. Lengkapi kendaraan dengan P3K

Saat mudik Lebaran, salah satu perlengkapan yang tidak boleh terlewat adalah kotak P3K. Pastikan Anda mengisi kotak P3K tersebut bukan hanya untuk orang dewasa saja, melainkan juga untuk anak-anak Anda, seperti plester luka, thermometer, minyak telon, vitamin hingga obat penurun panas agar kondisi anak Anda tetap prima selama perjalanan mudik.

 

Nah, itu dia tips libur lebaran nyaman bareng anak ala Sofyan. Semoga libur lebarannya lancar ya, Kerabat Sofyan!

Baca Juga :  Ruang Pertemuan Jakarta Pusat Dekat Tugu Tani

You may also like