fbpx
tips mendaki gunung

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula!

Assalamualaikum Kerabat Sofyan!

Akhir-akhir ini kegiatan mendaki gunung banyak disukai oleh anak millenial karena tidak hanya dilakukan oleh pecinta alam saja tapi juga bisa dilakukan oleh semua orang, Gunung memang tempat yang menyimpan sejuta pesona keindahan alam indonesia yang indah, banyak yang datang ke daerah pegunungan untuk mencoba pengalaman mendaki gunung.

 

Mendaki Gunung

Image source : faktualnews.co

Namun jangan lupa, gunung adalah sebuah alam liar yang juga menyimpan marabahaya, dan bagaimanapun juga para pendaki adalah manusia yang tidak boleh meremehkan alam, mendaki gunung untuk bisa sampai puncak itu bukan perkara mudah. Ada beberapa persiapan yang harus diperlukan untuk mendaki gunung, apalagi bagi anda yang masih pemula, berikut tips-tips dan persiapan mendaki gunung yang aman :

 

  1. Sebelum hiking, pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan fit.

Mendaki gunung bukanlah perkara yang mudah, pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan fit agar perjalanan mendakimu berjalan dengan lancer

 

  1. Membawa perlengkapan yang dibutuhkan.

Membawa alat navigasi seperti peta lokasi pendakian, kompas, jaket, sepatu hiking, sarung tangan, tutup kepala, kaos kaki, tas gunung, tenda, matras, senter, obat-obatan dan jangan lupa membawa makanan serta vitamin yang cukup untuk daya tahan tubuh sebelum naik gunung cek dulu perlengkapan kamu ya ?

 

  1. Pergi mendaki dengan orang yang sudah berpengalaman mendaki gunung.

Seorang pendaki harus paham bagaimana cara membaca peta dan kompas. Jangan sekali-kali melakukan pendakian jika dalam rombongan pendakian tidak ada yang berpengalaman mendaki atau berpengetahuan mendalam tentang navigasi.

 

  1. Konsumsi yang harus dibawa

Konsumsi merupakan salah satu hal yang sangat penting dibawa saat mendaki gunung, Nah berikut konsumsi yang harus dibawa yaitu air putih, 2 botol berisi 2L, Roti, Nasi + Lauk, Mie instan, kopi, the, gula dan sesuai selera kamu.

 

  1. Kenali Cuaca

Waktu yang mungkin paling tepat untuk mendaki adalah sekitar bulan Juni-Agustus, Namun tergantung tiap tahunnya. Musim kemarau dan Musim hujan sebenarnya punya resiko yang sama, namun direkomendasikan ketika cuaca cerah dan tidak terlalu kemarau dan tidak musim hujan

 

  1. Pamit dengan keluarga

Jika orang tua melarang, sebaiknya urungkan niat untuk mendaki. Jika tanpa izin ikhlas dari orang tua, tidak ada yang akan berjalan dengan baik, jangan lupa beritahukan juga kapan kamu akan pulang

 

  1. Membawa KTP dan identitas lainnya

 

  1. Jangan Ragu dan Malu Untuk Meminta Berhenti Jika Lelah

Jika kamu lelah jangan ragu dan malu untuk bilang capek ke teman-teman atau pemandu. Mintalah untuk berhenti sejenak, Daripada dipaksakan malah tidak baik dan celaka.

 

  1. Jangan Membuang Sampah Sembarang di Gunung

Usahakan membuang sampah pada tempatnya dan alangkah baiknya jika sampah yang ingin kita buang, buanglah dibawa turun.

 

  1. Berdoa

Tips terakhir mendaki gunung yakni Berdoa, karena segala sesuatu merupakan milih Tuhan termasuk kamu sendiri dan alam yang akan kamu kunjungi, Jadi berdoalah untuk meminta restu dan perlindungan-Nya

 

Jadi buat Kerabat yang mau hiking, jangan ragu-ragu dan coba melakukan ke sepuluh tips diatas ya, Selamat mencoba dan selamat mendaki !!!

Baca Juga :  Jadwal Imsak Jakarta -Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 - Jadwal Shalat Seluruh Indonesia Sepanjang Masa

More Articles:

Menu
Open chat