fbpx
rute roller coaster gunung argopuro

Rute Roller Coaster Gunung Argopuro

Track n Rute Roller Coaster Gunung Argopuro

Argopuro dikenal sebagai gunung yang memiliki beberapa puncak dan penuh misteri

Pendakian sudah berlangsung sekitar 3 jam dari Danau Taman Hidup menuju pos Kali Putih. Di depan terhampar bagian datar yang menjadikan alternatif para pendaki mendirikan kemah. Ingin rasanya ikut beristirahat sejenak, tapi puncak-puncak Gunung Argopuro (3.088 m) terus ‘memanggil’. Rute Roller Coaster Gunung Argopuro ini yang dapat di jadikan bahan rute saat pendakian di Gunung Argopuro.

Lewat pos Cisentor, perjalanan makin penuh tantangan. Medan seperti roller coaster, naik turun melingkari pegunungan. Beruntung ada sumber air. Tak ada salahnya melepas lelah sejenak. Dua jam dari sini membawa kami pada telaga Rawa Embik. Baru 1,5 jam kemudian, sampailah pada hamparan batuan vulkanik putih keabu-abuan di puncak Rengganis.

Photo credit: travelingyuk.com

Sementara puncak tertinggi Gunung Argopuro, berada sekitar 200 m arah selatan puncak Rengganis. Puncak itu bernama Minak Jingo atau Puncak Argopuro, ditandai tugu ketinggian (triangulasi) yang merupakan bagian dari Die Triangulation von Java karya Dr Oudemans (1897). Tugu ini sekaligus menjadi salah satu tanda batas kabupaten antara Situbondo dan Probolinggo di Jawa Timur.

Secara geologi, Gunung Argopuro merupakan gunung berapi mati yang dibentuk oleh endapan gunung api kuarter tua sekitar dua juta tahun silam. Gunung ini berada di antara dua buah gunung api besar; Gunung Semeru (3.676 m) dan Gunung Raung (3.332 m).

Argopuro dikenal sebagai gunung yang memiliki beberapa puncak dan penuh misteri. Ditemukannya sisa-sisa bangunan menyerupai pura disebutkan sebagai petilasan raja yang setelah turun tahta memutuskan menjadi pendeta.

Sementara tumpukan batu dititik tertinggi puncak Rengganis dikenal sebagai tempat bertapa Dewi Rengganis, putri sang raja yang juga menjadi pertapa.

Perjalanan turun menjadi seru, karena kami melewati jalur berbeda. Di Alun-alun Besar Sikasur (2.279 m) terdapat sisa-sisa bangunan yang diduga peristirahatan atau villa para keluarga Belanda zaman dulu.

Hal lain yang memperkuat dugaan ini adalah tumbuhnya beberapa jenis bunga berwarna-warni yang bukan spesies endemik kawasan Argopuro. Mungkin sengaja ditanam di masa lalu.

Sumber : ( Inge Sianturi nationalgeographic.co.id )

Sumber Foto : nationalgeographic.co.id

@iklan

promo di sofyan hotel cut meutia jakarta pusat

promo di sofyan hotel soepomo jakarta selatan

Sosial Media

Baca Juga :  Gedung Perintis Kemerdekaan

More Articles:

Menu
Open chat