fbpx

Tradisi Menjelang Hari Kemerdekaan RI di Bulan Agustus

Assalamualaikum Kerabat Sofyan !

Apa sih yang muncul di pikiran kalian ketika mendengar bulan agustus ? Pasti yang kalian pikirkan yaitu bendera merah-putih, Hari Raya Kemerdekaan Indonesia, lomba 17 Agustus, lagu Indonesia raya dan para pahlawan. Sebagai rakyat Indonesia, Bulan Agustus ini adalah bulan yang sangat penting bagi kita. Karena di Bulan Agustus ini, kita akan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus selalu kita rayakan sebagai wujud penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa dan negara. Lantas, apa saja sih kegiatan rutin di bulan Agustus yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia,  Untuk menghargai jasa para pahlawan kita bisa melakukan berbagai hal, salah satunya dengan ikut serta dalam kegiatan yang positif. Nah ! di bulan Agustus ini, banyak banget lho kegiatan yang dilakukan di bulan agustus Hari, Yuk simak beberapa kegiatan rutin di bulan agustus :

Memasang Bendera di Depan Rumah

Kebiasaan yang selalu kita lakukan menjelang hari kemerdekaan Indonesia adalah memasang bendera merah putih di depan rumah. Hal itu sebagai wujud rasa nasionalisme kita dalam mengibarkan bendera merah putih. Biasanya kita mulai memasang bendera tujuh hari sebelum tanggal 17 Agustus

Mengadakan Kerja Bakti dengan Tetangga

Tanggal 17 Agustus merupakan hari libur nasional. Biasanya banyak warga satu RT yang mengadakan kerja bakti dengan tujuan agar menjaga kebersihan di area tempat tinggal mereka sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan para tetangga.

Lomba 17-an

Kurang lengkap rasanya jika 17 Agustus tidak diikuti dengan berbagai macam lomba yang selalu diadakan tiap tahun. Beragam lomba seperti panjat pinang, tarik tambang, makan kerupuk, balap karung, memasukan pensil kedalam botol dan lain-lain pasti ada di setiap lomba 17-an. Dan biasanya peserta yang ikut juga terdiri dari berbagai macam usia. Setiap daerah mungkin memiliki tradisi yang berbeda-beda. Jika di tempatmu tinggal mengadakan festival berupa lomba-lomba kamu wajib ikut ya kerabat sofyan ! Keseruannya akan membuat anda bersemangat dan yakin jika negara kita akan lebih baik lagi jika masyarakatnya semakin semangat.

Pawai Kostum

Biasanya sering diadakan di sekolah-sekolah maupun di lingkungan rumah dimana para murid maupun anak-anak diminta untuk memakai kostum pahlawan nasional untuk dilombakan di sekolah atau di lingkungan sekitar. Selain melatih anak-anak kita untuk memahami siapa saja pahlawan nasional kita, pawai kostum ini juga sebagai ajang untuk para orang tua murid untuk berpartisipasi di kegiatan sekolah.

Nonton film Perjuangan

Anda bisa mengisi hari kemerdekaan dengan cara menonton film bertemakan perjuangan para pahlawan Indonesia dijaman dahulu, agar kita termotivasi dan melakukan hal-hal positif untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia

Mengunjungi Wisata Bersejarah

Untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa pahlawan, anda bisa melakukan dan mengunjungi wisata bersejarah, Mulai dari bangunan peninggalan masa silam, hingga museum-museum perjuangan.

Itulah beberapa hal seru yang paling pas dilakukan di Bulan Agustus. Kegiatan apa yang paling kamu sukai ?

Baca Juga :  Destinasi Wisata Luar Negeri Favorit Milennial Indonesia

You may also like