fbpx

Keistimewaan Menikah di Bulan Syawal

Assalamualaikum, Kerabat Sofyan. Memasuki bulan Syawal, ada anjuran bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk melangsungkan pernikahan. Konon, Syawal adalah ‘bulan baik’ bagi siapa saja pasangan yang ingin menikah.  Perlu kita ketahui, menikah merupakan salah satu fitrah manusia. Selain itu, menikah juga mencontoh salah satu ajaran Rasulullah Muhammad SAW.

Bahkan dalam sebuah hadis diriwayatkan dari Anas bin Malik AS, Rasulullah menyatakan seseorang yang menikah berarti telah menyempurnakan setengah dari agamanya. Sedangkan setengahnya dengan bertakwa kepada Allah SWT.

Terdapat anggapan jika menikah sebaiknya dilaksanakan di bulan Syawal. Dalam khazanah pengetahuan Islam, melangsungkan pernikahan di bulan ini merupakan sunah karena Nabi Muhammad juga mengajarkan untuk menikah di Bulan Syawal. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, berpikir, lalu berspekulasi kenapa Syawal identik dengan bulan nikah? Inilah alasan Bulan Syawal bagus untuk menikah.

  1. Sunnah Nabi Muhammad

https://yaniasaisyah.files.wordpress.com/

Dalil yang memperkuat anjuran tersebut adalah terdapat dalam hadist dari Aisyah Radhiyallahu Anha yang menceritakan:

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menikahiku di bulan Syawal dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka istri-istri Rasulullah yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?(Perawi) berkata, “Aisyah dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal.” (HR Muslim)

 

 

  1. Menepis mitos masyarakat Jahiliyah dahulu.

duniatimteng.com

Pada masa sebelum Islam datang, masyarakat Mekkah pada masa itu masih amat terpuruk dengan adat jahiliyah. Banyak mitos bertebaran, seperti tentang perdagangan, perjalanan, sampai tentang pernikahan juga ada. Salah satunya tentang mitos menikah di Bulan Syawal.

Masyarakat jahiliyah menganggap sial menikah di bulan syawal karena dahulunya di bulan itu unta betina mengangkat ekornya sebagai pertanda enggan untuk menikah dan melarang unta jantan untuk mendekat. Karenanya wanita pun harus menolak ketika dinikahi pada bulan tersebut.

Oleh karena mitos itulah, Nabi Muhammad menganjurkan untuk menikah di Bulan Syawal untuk mematahkan mitos tersebut. Karena salah satu misi Rasulullah adalah menghapus keyakinan yang salah dari masyarakat Arab Jahiliyah. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan menikah pada bulan Syawal sebagai bentuk ibadah menjalankan sunah Nabi Muhammad SAW.

 

  1. Bulan silaturahmi 

Syawal dengan lebaran di dalamnya menjadi simbol silaturahmi bagi Umat Islam. Dengan menjalin hubungan silaturahmi, disambung dengan menjalin pernikahan, maka silaturahmi akan semakin erat.

Jadi, Bagaimana Kerabat Sofyan? Mau nikah di Bulan Syawal, gak? Kapanpun pernikahan Anda, Sofyan Hotel siap untuk membuat momen pernikahan Anda menjadi lebih berarti.

 

KLIK LINK BERIKUT UNTUK WEDDING PACKAGE DI SOFYAN HOTEL

https://sofyanhotel.com/news/paket-pernikahan-jakarta-di-ballroom-sofyan-hotel/

Baca Juga :  Yuk! Serbu Promo Mudik Lebaran di Sofyan Hotel

You may also like