fbpx

Hotel Dekat Monas Jakarta : Sofyan Hotel

Assalamualaikum Kerabat Sofyan! Bingung mau jalan – jalan kemana ketika menginap di Hotel Sofyan? Ga usah khawatir. Kali ini, kami akan membahas tentang salah satu objek wisata paling terkenal di Jakarta dan juga dekat dengan Sofyan Hotel Cut Meutia. Apalagi kalau bukan Monas alias Monumen Nasional. Penasaran dengan sejarah monumen ikon kota Jakarta ini? Yuk kita simak!

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.  Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Hotel Dekat Monas

 

Aktivitas di Monumen Nasional

 

1. Melihat air mancur menari 

Pilihan pertamanya adalah menyaksikan air mancur menari diiringi lagu khas Indonesia pada Sabtu dan Minggu malam. Pertunjukan gratis ini diadakan pada pukul 19.30 dan 20.30. Pada hari libur, pengelola Monas biasanya akan menghadirkan pertunjukan air mancur menari ini. Kereta wisata di Monas untuk pengunjung berkeliling (Kompas.com/Silvita Agmasari)

 

2. Naik kereta wisata

Anda tidak perlu bingung bagaimana cara untuk mengelilingi Monas yang memiliki luas wilayah 80 hektar. Pengelola monas telah menyiapkan fasilitas kereta wisata yang bisa Anda temukan di tiap halte kereta yang terlah disediakan.

 

3. Berkunjung ke Museum Monas

Di bagian dalam Monas ada Museum Sejarah Nasional Indonesia. Museum yang dapatmenampung sekitar 500 pengunjung ini berisikan 48 diorama sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga orde baru.

 

4. Naik ke pelataran puncak Monas

Berkunjung ke Monas, sempatkan untuk naik ke Pelataran Puncak Monumen Nasional. Anda dapat melihat keseluruhan Kota Jakarta dari ketinggian 115 meter. Untuk menikmati pemandangan Kota Jakarta dari puncak monas dikenakan biaya tambahan, sekitar Rp 10.000.

 

5. Berkunjung ke Pasar Malam

Pasar malam ini bisa jadi hiburan berain untuk anak-anak. Letak pasar malam ini di sebelah Barat Lenggang Jakarta. Banyak wahana bermain seperti komidi putar, bianglala, kereta wisata, dan odong-odong. Anda juga bisa membeli suvenir khas Jakarta disana sebagai buah tangan.

Baca Juga :  Cara Bangun Pagi yang Baik untuk Kesehatan

You may also like