fbpx

3 Masjid Favorit untuk I’tikaf di Jakarta

Hai Kerabat Sofyan, benar-benar tidak terasa ya Kerabat sekarang sudah memasuki 10 hari terakhir pada Bulan Ramadhan! Seperti yang para kerabat mungkin sudah pada ketahui, biasanya 10 hari terakhir di Bulan Ramadhan baiknya dihabiskan untuk melakukan I’tikaf.

“Arti I’tikaf menurut para ulama adalah “berdiam diri didalam masjid”. Ulama Syafi’iyah sebagaimana dikutip dalam Alfiqh al-Islami wa Adillatuhu, menyebut bahwa i’tikaf adalah kegiatan menetap di dalam masjid yang dilakukan oleh orang tertentu dengan niat tertentu. Ulama Hanabilah menyebut i’tikaf sebagai menetapi masjid dengan tujuan untuk taat kepada Allah, dengan syarat ia adalah muslim, berakal, suci dari hadas besar, mumayiz, berdiam diri minimal satu jam.” https://bincangsyariah.com/ubudiyah/pengertian-dan-anjuran-itikaf/

Nah, untuk para kerabat yang sedang mencari-cari ingin Itikaf dimana, Sofyan Hotel memiliki 5 rekomendasi masjid yang tidak hanya nyaman dan bersih, tapi mudah juga untuk para kerabat mencari santapan untuk sahur!

1. Masjid Sunda Kelapa

Berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, di Masjid Sunda Kelapa kamu akan merasakan kenyamanan saat beri’tikaf di masjid ini. Udara yang sejuk, jumlah toilet yang banyak, serta tersedianya screen and sound yang menghubungkan dengan jamaah laki-laki menjadi nilai plus dari masjid ini. Jika ingin beri’tikaf di Masjid Sunda Kelapa, agenda dimulai dengan shalat tarawih dan ceramah, kemudian dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur’an, qiyamullail, muhasabah, dan ditutup dengan sahur bersama.

2. Masjid Cut Meutia

Tidak terlalu jauh dari Masjid Sunda Kelapa, Masjid Cut Meutia juga terletak di Menteng, Jakarta Pusat. Bangunan indah yang dimiliki Masjid Cut Meutia merupakan bangunan peninggalan sejarah sejak jaman penjajahan kolonial Belanda. Walaupun merupakan bangunan yang sangat tua, Interior masjid ini rutin diperbaharui maka itu suasana di dalam masjid terasa nyaman.

3. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal berlokasi di daerah Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Masjid terbesar di Asia Tenggara ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi Kerabat yang ingin beri’tikaf. Karena bisa menampung banyak jamaah, kalau i’tikaf di sini kamu akan merasa lebih nyaman dan leluasa. Masjid Istiqlal juga menyediakan kudapan untuk berbuka puasa dan sahur secara gratis dalam jumlah yang terbatas. Jika tiba di masjid ini, kamu bisa langsung menuju tempat wudhu, tempat penitipan sepatu, dan lokasi makan yang terletak di lantai 1. Setelah itu, kamu bisa naik ke lantai 2 untuk shalat ataupun membaca Al-Qur’an.

Nah itu dia beberapa Masjid favorit yang kami rekomendasikan untuk Kerabat I’tikaf! Walaupun masih banyak lagi loh masjid-masjid lainnya di Jakarta yang enak-enak dan nyaman. Semoga bermanfaat ya!

 

photo source : bloggerjakarta.com

Baca Juga :  Riyanto Sofyan Sang Penerus Sofyan Hotel

More Articles:

Menu
Open chat