fbpx

Setidaknya ada dua Makna Hari Raya Idul Adha yang kita artikan di sini, yang pertama kita artikan dari bahasa Arab Qarib yang artinya adalah dekat. Secara umum ibadah qurban merupakan upaya yang dilakukan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Arti kata Qurban yang kedua adalah udhhiyah dengan arti harfiah hewan sembelihan. Daripada itu qurban telah menjadi sebuah tradisi yang menjadi kelaziman umat muslim di seluruh dunia untuk menyembelih hewan qurban yang merupakan bagian dari harta seorang muslim untuk kegiatan sosial.

Ada bagian penting yang tak terpisahkan dari pelaksanaan tradisi qurban di hari raya Idul Adha. Yang kesatu adalah soal ibadah spiritual kemudian yang kedua tentang kehidupan sosial. Terkait masalah ibadah dalam tradisi ini maka ibadah Qurban menjadi bentuk ketaatan seorang hamba kepadaTuhannya. Tentu saja ketaatan ini pelaksanaannya harus bisa seikhlas mungkin untuk bisa dekat dengan Allah sebagai keutamaan dari Makna Hari Raya Idul Adha. Inilah yang kita sebut qarib yaitu qurban dalam korelasinya dengan ibadah kepada Allah SWT.

Dalam tradisi Idul Adha pun ada dua makna, yang pertama menunjuk pada kata qarib yang jika di deskripsikan lebih teliti sama dengan ibadah vertical. Kemudian makna kedua menunjuk pada kata udhhiyah atau dhahiyyah yang sama dengan ibadah horizontal. Kata Idul Adha berasal dari bahasa Arab yaitu qaruba, yaqrabu, serta qurban waqurbaanan dengan maksud menghampiri atau mendekati. Lebih jauhnya, secara harfiah kata qurban itu artinya hewan sembelihan yang asal katanya adalah udhhiyah atau dhahiyyah.

Makna Hari Raya Idul Adha

Arti lebih mendalam dari Idul Adha bisa bermakna eksplisit maupun kasat mata. Untuk memaknakan sebuah kalimat maka harus menggunakan tafsir setelah itu baru bisa dimaknai arti tradisi idul adha sebagai sebuah format ketaqwaan kepada Allah SWT. Ketika berqurban maka di dalam hati harus disertai dengan rasa ikhlas dalam menjalankan semua perintah dari Allah SWT.

 

Cari Tempat Menginap?

Sofyan Hotel Soepomo, Hotel Halal dengan konsep halal, fitrah, kinship, di Kota DKI Jakarta

Tersedia 4 Jenis Kamar Yang Variatif Untuk Anda

Tersedia berbagai paket dan promo

Hubungi :

Sofyan Hotel Soepomo
Jl. Dr. Soepomo SH No. 23 Tebet South Jakarta 12810 – INDONESIA
Phone. +62 21 829 5699
Fax. +62 21 830 7495
WhatsApp. +62 8119121246, +62 811 9121 256

 

Fax : +62 21 3902747

#halal
#halaltourism
#muslimfriendly
#mesjidcutmeutia
#hotelpancoran
#hotelditebet
#mesjidistiqlal
#stasiuntebet
#hotelneartebet
#hoteldekatbidakara
#hotelbidakara
#bidakara
#bidakarahoteltebet
#bidakarahotel
#bidakarahotelpancoran

Baca Juga :  Hari Perdamaian Internasional
You must be logged in to post a comment.
Menu
Open chat