fbpx

Dengan lokasi yang terletak di kawasan elit di Kota Jakarta, tepatnya di kawasan Menteng, Jakarta pusat, Masjid Agung Sunda Kelapa berdiri dengan begitu megahnya. Pembangunan masjid ini tak dilakukan secara serampangan mengingat lokasinya yang terletak di lingkungan elit. Perencanaan dibuat sedemikian rupa sehingga dari sisi arsitekturnya saja tampak bahwa masjid ini begitu berkelas.

Ada tiga aspek berbeda yang diinkorporasikan pada struktur masjid ini. Yang pertama bahwa seakan-akan anda berada di sebuah tempat berkonsep lembaga pendidikan, terkesan juga bahwa struktur masjid ini menonjolkan hal tentang perekonomian, dan tentu saja yang paling utama dari sebuah masjid adalah kentalnya aksen aktivitas ibadah.

Dengan begitu sempurnanya paduan dari beberapa unsur tadi, masjid agung sunda kelapa kemudian menjadi standar dari dibangunnya masjid-masjid lain di Kota Jakarta. Dengan adanya masjid agung sunda kelapa, telah membantu umat islam untuk beribadah di sela-sela megahnya belantara Ibu Kota. Tak hanya itu, masyarakat yang tinggal di sekitar masjid agung sunda kelapa khususnya, dan masyarakat daerah menteng bisa lebih intensif dalam melakukan aktivitas-aktivitas keagamaan.

Dahulu sebelum pembangunan masjid ini dimulai, ada dua lokasi berbeda yang dicananngkan sebagai tempat untuk membangun masjid agung sunda kelapa. Dua lokasi itu terletak di Taman Sunda Kelapa atau stadion menteng, dan yang di zaman dulu disebut pula dengan Viosveld.

Di masa itu ketika beberapa developer membangun perumahan di daerah menteng, hanya ada satu masjid saja yang lokasinya di pinggiran menteng. Nama masjid tersebut adalah Masjid Tangkuban Perahu.

Arsitektur dari Masjid Agung Sunda Kelapa sangat indah. Ini bisa dibuktikan bahwa ketika anda memasuki masjid, anda akan disambut oleh sebuah gapura yang bertuliskan kaligrafi. Bukan itu saja, areal di depan masjid sering dijadikan pula sebagai tempat berdagang.

Untuk menambah kesan spektakuler, di bagian dalam masjid khususnya di bagian dinding, diberi banyak aplikasi bercorak kaligrafi arab, termasuk di bagian mihrab. Letak mihrab diapit oleh dua kaligrafi ukiran Lafaz Allah dan tulisan Muhammad. Di sekeliling ruangan tempat orang shalat bisa dilihat beberapa rak Al-quran yang ditata dengan sangat rapi sekali.

Bangunan Masjid Agung Sunda Kelapa memiliki 2 lantai. Bagian atas digunakan sebagai tempat aktivitas dakwah dan ibadah sementara lantai bawah digunakan untuk banyak keperluan mulai dari aula, perkantoran, perpustakaan, tempat rakat, tempat wudhu dan beberapa fungsi lainnya.

Ads :

Sofyan Inn Tebet, Hotel Halal dengan konsep autentik di Kota DKI Jakarta

Tersedia 4 Jenis Kamar Yang Variatif Untuk Anda

Hubungi

CS HOTEL SOFYAN INN TEBET

Jalan Dr. Soepomo, SH No. 23,
Tebet, South Jakarta,
Indonesia, 12810
Phone : +62 21 8295699,
Fax : +62 21 8307495,
WhatsApp : +62 8119121246

Baca Juga :  Daftar Hotel di Menteng Yang Worth-it Buat Nginep
You must be logged in to post a comment.
Menu
Open chat
Assalamualaikum. Sobat Sofyan