weekend-ala-anak-mudaWeekend atau akhir pekan merupakan waktu yang paling ditunggu tunggu oleh semua orang, terutama anak muda Indonesia yang tinggal di Jakarta. Banyak sekali aktivitas weekend yang bisa dilakukan anak muda pada umumnya. Penasaran? Mari kita ulas tempat – tempat atau aktivitas weekend ala anak muda di Jakarta, khususnya Jakarta Pusat!

1. Car Free Day

car-free-day-kota-bogor-pindah-ke-jalan-sudirman-grlshnyj67

Car free day (CFD) adalah hari bebas kendaraan bermotor kalau di artikan dalam bahasa Indonesia. Kini Car Free Day mulai di garap di kota besar Indonesia dan memang targetnya ada di daerah padat kendaraan yang juga padat polusi. Contohnya seperti, Jakarta, Serang, Bandung, Solo, Surabaya dan kota-kota besar lainnya. Pada hari itu kendaraan bermotor dilarang masuk kawasan tertentu, jadi cuma pejalan kaki dan biker sepeda yang bisa masuk.

dsc07448

Lalu lalang kendaraan bermotor di kawasan yang menjadi area CFD akan diganti dengan dominasi sepeda ontel. Senam aerobik di jalan raya, sepak bola di jalan raya, sampai makan dan minum di tengah jalan. Aktivitas yang tidak mungkin dilakukan di pusat kota bila lalu lintas dalam keadaan normal bisa dilakukan setiap hari minggu di sekitar ibukota.

15bfa435-28a1-4bc6-b479-c42ba54353c3

Berikut ini daftar ruas jalan di Jakarta yang melayani HBKB (setiap hari Minggu dari pukul 06.00 sampai 11.00):

  1. Seluruh kota administratif (ward)/tingkat provinsi: Jl. Jenderal Sudirman sampai dengan Jl. M.H. Thamrin (dari persimpangan Thamrin-Medan Merdeka Barat sampai dengan Bundaran Senayan)
  2. Jakarta Barat: Kota Tua Jakarta
  3. Jakarta Timur: Jl. Pemuda (dari persimpangan Arion sampai dengan persimpangan Pemuda-Bekasi Raya)
  4. Jakarta Selatan: Jl. Lenteng Agung Timur
  5. Jakarta Utara: Jl. Boulevard Kelapa Gading (dari bundaran La Piazza sampai dengan tugu Summarecon)

2. Taman Suropati

Taman ini merupakan pusat kawasan Menteng, berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama, yaitu Jalan Teuku Umar, Jalan Diponegoro, dan Jalan Imam Bonjol. Bertepatan di Jl. Taman Suropati RT.05 / RW.05, Menteng, Taman Suropati menjadi taman yang rindang dan dihiasi dengan patung-patung karya pematung dari negara-negara pendiri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Jika berkunjung ke malam hari, khususnya weekend, bakal disuguhkan aksi seniman jalanan. Yang menarik ada semacam pertunjukan band indie lokal, yang disertai parade biola dengan suara yang merdu Jika kita menyeberang ke tengah jalan terdapat patung Pangeran Diponegoro sedang menunggang kuda. Di taman yang cukup legendaris ini, terdapat hamparan bunga yang sangat eksotis, terutama sore hari dengan air mancur yang menambah kesejukan layaknya bukan sedang berada di Jakarta.

3. Taman Situ Lembang

Tidak jauh dari taman suropati, terdapat taman kota yang tidak kalah teduh dan asri, yaitu Taman Situ Lembang, bertepatan di Jl. Lembang Terusan D-59, Kec. Menteng, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910. Taman ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta dan memiliki danau kecil yang airnya berasal dari sumber air alam. Di taman ini terletak fasilitas arena pemancingan, trek lari, dan arena permainan anak. Taman Situ Lembang dikelilingi oleh rumah-rumah di kawasan elite Menteng. Taman ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta dan memiliki danau kecil yang airnya berasal dari sumber air alam. Di taman ini terletak fasilitas arena pemancingan, trek lari, dan arena permainan anak. Taman Situ Lembang dikelilingi oleh rumah-rumah di kawasan elite Menteng.

4. Taman Menteng

Satu lagi taman yang kerap kali dikunjungi anak muda di Jakarta. Taman Menteng adalah sebuah taman yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di Jl. HOS. Cokroaminoto, Menteng, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Taman ini dulunya ditempati oleh Stadion Menteng. Sebuah taman yang berdiri di atas tanah seluas ± 2 Hektar memang sangat disarankan bagi Anda yang ingin sekedar mencari tempat untuk merefresh pikiran, atau bahkan sekedar nongkrong dengan teman-teman. Taman Menteng ini awalnya dibuka hingga 24 jam, namun mengingat banyak protes dari mayarakat di sekitar wilayah Taman Menteng ini, karena aktivitas yang berada di taman tersebut, maka pada akhirnya di bulan Juni 2009 ditetapkan jam operasional Taman Menteng dari pukul 05.00 hingga 22.00 wib saja.

Taman Menteng memang dibuat senyaman mungkin dan lengkap jadi disini tidak hanya taman seperti biasa aja, suasananya pun berbeda  dari taman-taman yang lain terutama pohon-pohon yang rindang disekitar tamannya, membuat taman ini banyak dikunjungi oleh orang banyak karena memang kondisinya yang nyaman dan tenang sekali. Untuk sekedar ngobrol, piknik, ataupun jogging itu sangat pas untuk dilakukan di Taman yang berada di tengah hiruk pikuk kota Jakarta yang amat sangat padat.

Salah satu fasilitas yang menjadi sorotan publik di Taman Menteng adalah rumah kacanya yang sangat menarik untuk didatangi orang-orang yang berkunjung kesana. Rumah kaca ini dulunya berfungsi untuk pembibitan tanaman yang ada disekitar taman, namun sekarang beralih fungsi dan bisa dijadikan tempat seperti pameran, ataupun seni lainnya.

Disamping rumah kaca, terdapat fasilitas wifi yang digemari para remaja untuk mengakses jejaring sosialnya dan ada juga beberapa fasilitas seperti lapangan futsal, volly, basket, musholah, jogging track, arena bermain anak, dan toilet yang bersih serta terawat.

 

5. Kineforum

Suka nonton bioskop? Bosan dengan film – film yang itu – itu saja? Kineforum hadir di Jl. Cikini Raya Taman Ismail Marzuki No.73 sebagai solusi kepenatan Anda! Kineforum adalah bioskop pertama di Jakarta yang menawarkan ragam program meliputi film klasik Indonesia dan karya para pembuat film kontemporer. Program film Kineforum bertujuan mengajak penonton merasakan jadi bagian dari sinema dunia – dulu dan sekarang. Menurut situs web Kineforum, Ruang ini diadakan sebagai tanggapan terhadap ketiadaan bioskop non komersial di Jakarta dan kebutuhan pengadaan suatu ruang bagi pertukaran antar budaya melalui karya audio-visual.

Di bioskop ini, Anda dapat menikmati presentasi karya-karya para pembuat film dunia, film panjang maupun pendek – yang sulit diakses publik Jakarta selain melalui pembajakan. Di ruang ini juga diadakan diskusi dan pertemuan dengan pembuat film. Sejak 2006, kineforum didatangi kurang lebih 500 penonton pada program pemutaran tertentu dan sekitar 5.000 penonton selama acara festival.

Selain itu, Kineforum juga sering mengadakan event – event seru seperti Kineforum Misbar yang berkonsep bioskop outdoor layaknya layar tancap jaman dulu kala yang kalau gerimis, penontonnya pada bubar ke rumah masing – masing! Wah, pokoknya bagi para penikmat film, jangan lewatkan bioskop unik satu ini!

6. Ruangrupa

Buat para pecinta seni, jangan lewatkan tempat yang satu ini. Ruangrupa adalah sebuah organisasi seni rupa kontemporer yang didirikan pada 2000 oleh sekelompok seniman di Jakarta. Sebagai organisasi nirlaba yang bergiat mendorong kemajuan gagasan seni rupa dalam konteks urban dan lingkup luas kebudayaan melalui pameran, festival, laboratorium seni rupa, lokakarya, penelitian, serta penerbitan buku, majalah, dan jurnal.

Galeri yang berada di Gudang Sarinah, Jalan Pancoran Timur II No 4 ini juga memfasilitasi berbagai macam acara seni seperti Jakarta 32°c, Bienalle yang diselenggarakan untuk mahasiswa seni di Jakarta, OK Video festival dan juga satu-satunya galeri yang mempunyai stasiun radio kontemporer yang di beri nama “ruru Radio”

7. Galeri Nasional

Satu lagi galeri seni yang sering dikunjungi anak muda pada akhir pekan, yaitu Galeri Nasional Indonesia. Dapat diterka dari namanya, Galeri ini adalah sebuah lembaga budaya negara yang gedungnya antara lain berfungsi sebagai tempat pameran, dan perhelatan acara seni rupa Indonesia dan mancanegara.Gedung ini merupakan institusi milik pemerintah di bawah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kewajiban utama Galeri Nasional adalah melasanakan pengkajian, pengumpulan, registrasi, perawatan, pengamanan, pameran, kemitraan, layanan edukasi dan publikasi karya seni rupa. Lalu fungsi utamanya adalah melindungi, pengembangan, dan pemanfaatan asset kesenian (seni rupa) sebagai fasilitas pendidikan dan kebudayaan. Galeri Nasional beralamat di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta Pusat.

Apabila Anda berada di luar kota dan tertarik untuk mengunjungi tempat – tempat menghabiskan weekend tersebut, jangan lupa untuk menginap di Sofyan Hotel Betawi, Hotel Syariah  bersertifikasi pertama di Indonesia dan Halal Hotel terbaik di dunia. Kami terletak di pusat kota Jakarta, serta kami juga menyediakan fasilitas antar jemput apabila Anda ingin mengunjungi tempat – tempat weekend lainnya di Jakarta! Tunggu apa lagi? Segera booking kamar Anda sekarang di Sofyan Hotel Betawi, World’s Best Family Friendly Hotel.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *