Trik Persiapan Mudik Supaya Anak Betah di Jalan

Kalau kamu berencana mudik dengan jalur darat, baik mobil atau kereta api, perlu persiapan matang supaya anak-anak tidak bosan atau rewel di jalan. Inilah beberapa di antaranya.

Tidur Yang Cukup Sebelum Hari  H

Naik mobil atau kereta api jelas lebih lama sampainya ketimbang pesawat. Dan, anak-anak tidak bisa diharapkan selalu duduk manis atau tidur selama perjalanan. Apalagi jika mobil jadi pilihan transportasi mudik. Mereka bisa rewel begitu mengantuk karena tidak bisa tidur senyaman di rumah. Karenanya, minta mereka “menabung” tidur dengan lebih banyak beristirahat pada beberapa hari sebelum berangkat, misalnya dengan menambah waktu tidur siang. Semalam sebelum kepergian, ajak mereka tidur lebih cepat. Jadi, bisa lebih gampang dibangunkan saat mau berangkat.

 

Snack, Minuman, dan Permainan

Anak bisa bosan kalau selama berjam-jam hanya duduk diam. Buat mereka sibuk dengan mengajak ngobrol sambil menunjukkan beberapa hal menarik yang terlihat di jalan. Tidak ada salahnya jika mereka mau main gadget, hanya saja kamu perlu batasi waktunya supaya tidak malah merusak matanya. Sediakan juga snack dan minuman yang sering mereka minum di rumah, misalnya susu kotak. Jadi, kalau mereka lapar di antara waktu makan besar, mereka bisa ngemil sedikit. Soalnya, lapar itu bisa jadi salah satu alasan rewelnya anak di jalan, lho.

 

Musik Favorit Anak

Gadget yang dibawa selama mudik juga bisa diisi dengan lagu-lagu kesukaan anak. Atau, pasang CD favoritnya di jalan, lalu ajak dia bernyanyi bersama. Kalau perjalanan kamu harus dilakukan di malam hari, kamu bisa pasang lagu-lagu berirama lembut, sehingga anak bisa tidur dengan lebih tenang.

Pakaian Yang Nyaman

Membuat anak merasa nyaman, tenang, dan senang sepanjang perjalanan adalah misi utamamu. Jadi, sebaiknya pertimbangkan pakaian yang mereka pakai selama di jalan. Pastikan bahannya bisa menyerap keringat dengan baik dan membuat mereka bebas bergerak. Kalau perjalanannya sangat panjang, bahkan bisa lewat dari satu hari (maklum, jalanan bisa super macet saat mudik, ‘kan?), tak ada salahnya kalau anak-anak pakai piyama saja. Sediakan juga baju ganti dan taruh di tas kecil yang bisa diambil dengan mudah, jangan disatukan di tas besar yang ada di bagasi. Jadi, begitu perlu bisa langsung diambil.

 

Perlengkapan Tidur

Namanya juga anak-anak. Mereka akan merasa nyaman kalau berada di tengah barang-barang yang dikenalnya. Kalau mobilmu cukup besar, bawa saja bantal, guling, dan selimut yang mereka biasa pakai untuk tidur. Atur di kursi, supaya anak-anak bisa bermain dan tidur di situ. Bawa juga boneka atau mainan lain yang dia sukai supaya dia juga bisa bermain sendiri. Strategi membawa perlengkapan tidur anak juga berguna supaya di tempat tujuan anak bisa tidur dengan lebih nyenyak meski berada di tempat yang asing.

Baca Juga :  Tips Menyusun Barang di Koper

You may also like

Leave a comment