Tips Menyusun Barang di Koper

Mengemas tas atau koper untuk bepergian sangatlah mudah dilakukan jika Anda sudah merencanakan sebelumnya dengan mengikuti tips di bawah ini. Perhatikanlah untuk mengemas sesuai dengan cuaca, lokasi, dan aktivitas yang direncanakan. Pastikan untuk membawa alat-alat mandi, obat-obatan, dan barang berharga seperti perhiasan dalam koper yang terpisah dan bisa disimpan di bagian atas kabin.

  1. Cek cuaca di tempat tujuan sebelum berangkat. Apakah akan hujan? Jika ya, bawalah jas hujan atau sesuatu yang cepat mengering. Jika cuacanya panas, bawalah celana pendek. Jangan lupa, mungkin Anda juga perlu untuk membawa pakaian renang.
    Gambar berjudul Pack a Bag or Suitcase Efficiently Step 1
  2. Rencanakan kegiatan Anda di tempat tujuan. Perencanaan ini akan membantu Anda menentukan seberapa banyak pakaian yang akan dibawa. Jika terlalu banyak bawaan, Anda akan menyesal. Anda selalu bisa membeli kaus murah atau sepasang celana pendek di tempat tujuan. Anda akan menyesal jika mengemas terlalu banyak, namun jika mengemas terlalu sedikit, Anda selalu bisa mengompensasikannya. Di kota tujuan yang pernah Anda kunjungi mungkin juga ada layanan laundry komersial.
    Gambar berjudul Pack a Bag or Suitcase Efficiently Step 2
    • Terlalu banyak membawa barang bawaan juga akan menyisakan ruang yang sangat sedikit dalam koper untuk menaruh oleh-oleh.
  3. Letakkan pakaian besar atau berat di dasar koper. Letakkan selalu pakaian yang lebih berat atau besar di dasar koper. Cara ini akan lebih memudahkan Anda menemukan barang-barang lain di dalam koper.
  4. Bawalah beberapa pakaian yang tipis. Cara ini cocok untuk digunakan saat cuaca panas dan dingin. Jika cuaca sangat dingin, Anda bisa membawa beberapa tambahan pakaian dan jika terlalu panas, tinggal dikurangi saja.
    Gambar berjudul Pack a Bag or Suitcase Efficiently Step 3
  5. Pilihlah cara yang diinginkan untuk pakaian, digulung atau dilipat. Jika Anda memerlukan ruang yang lebih luas dalam koper dan tidak mempermasalahkan berat koper, gulung pakaian (cara ini hanya membutuhkan ruang yang lebih sedikit daripada melipat pakaian). Jika Anda tidak memerlukan ruang yang banyak dan ingin mengurangi berat koper, lipat pakaian Anda.
    Gambar berjudul Pack a Bag or Suitcase Efficiently Step 4
    • Gulung pakaian serapat mungkin agar ruang dalam koper lebih luas.
    • Menggulung pakaian tidak membuat pakaian menjadi kusut, Anda hanya perlu berhati-hati saat menggulungnya jangan sampai menggulung lipatan-lipatan pakaian. Gulung pakaian serata mungkin. Lipat pakaian sesuai alur jahitannya.
    • Pakaian yang elastis akan lebih mudah digulung dan tidak kusut.
    • Jika Anda tidak pandai menggulung, hindari menggulung pakaian yang mudah kusut.
    • Pakaian perlu digulung dengan rapat. Cara ini digunakan jika ruang dalam koper tidak terlalu besar. Pakaian yang tidak digulung dengan rapat akan mudah terbuka gulungannya dan kusut.
  6. Gunakan bagian dalam sepatu sebagai tempat penyimpanan. Masukkan kaus kaki ke dalam sepatu jika tak ada lagi ruang dalam koper. Jika Anda membawa perhiasan kecil, masukkan saja ke dalam sepatu.
    Gambar berjudul Pack a Bag or Suitcase Efficiently Step 5
  7. Gunakan kaus-kaus yang sudah dilipat untuk memisahkan dan menata bagian-bagian di dalam koper. Cara ini akan membantu Anda untuk membagi-bagi isi koper.
    Gambar berjudul Pack a Bag or Suitcase Efficiently Step 6
  8. Letakkan benda-benda yang rapuh di tengah koper. Dengan cara ini, barang-barang tersebut tak mudah rusak. Jika memungkinkan, jangan bawa benda-benda yang rapuh saat bepergian.
    Gambar berjudul Pack a Bag or Suitcase Efficiently Step 7
  9. Letakkan gaun dan pakaian-pakaian formal di bagian atas. Letakkan gaun di bagian atas sehingga Anda mudah menggantung dan menyetrikanya. Cara ini akan membuat gaun tetap rapi.
    Gambar berjudul Pack a Bag or Suitcase Efficiently Step 8
  10. Masukkan sepatu ke dalam kantong plastik. Dengan cara ini, setelah memakai sepatu, Anda bisa memasukkannya kembali ke dalam kantong tanpa mengotori atau merusak benda-benda lain. Gunakan kantong belanjaan atau shower cap yang sudah tidak terpakai.
    Gambar berjudul Pack a Bag or Suitcase Efficiently Step 9
  11. Manfaatkan celah-celah yang ada di antara benda-benda di dalam koper. Selipkan pakaian dalam dan kaos kaki di celah-celah tersebut jika koper telah penuh. Dengan begitu, ruang di tengah koper menjadi tidak terlalu penuh.
    Gambar berjudul Pack a Bag or Suitcase Efficiently Step 10

Tips

  • Masukkan alat-alat mandi ke dalam tas khusus agar tidak menodai pakaian Anda jika ada kebocoran. Jika Anda naik pesawat, masukkan alat-alat mandi ke dalam kantong plastik bening dengan ziplock dan masukkan lagi ke dalam tas khusus. Jadi, jika akan diperiksa, Anda tahu di mana tempatnya. Manfaat lainnya, jika ada yang bocor, maka tidak akan membuat kotor tas penyimpan alat-alat mandi tersebut.
  • Kemas pakaian dan sepatu dalam satu tempat. Jangan taruh di tempat-tempat yang berbeda, karena cara ini tidak menghemat tempat.
  • Bawalah buku atau majalah untuk mengisi waktu di perjalanan. Anda mungkin ingin membawa perangkat seperti Nook, Kindle, iPod, atau mP3 player. Jika Anda sering terbang, bawalah salah satu dari benda-benda tersebut.
  • Gunakan selalu alat-alat mandi dengan ukuran khusus untuk bepergian agar menghemat tempat. Jika Anda bepergian menggunakan pesawat terbang, bawalah alat-alat mandi yang berukuran 3 ons atau kurang.
  • Jangan membawa mouthwash. Belilah selalu mouthwash dalam ukuran kecil sesampainya di tempat tujuan. Mouthwash bersifat lengket dan jika tumpah akan mengotori benda-benda sekitarnya.
  • Anda mungkin akan melakukan perjalanan yang panjang dan tubuh akan berbau kurang sedap. Bawalah deodoran saat melakukan penerbangan.
  • Direkomendasikan untuk membawa carry on suitcase (koper yang bisa dibawa masuk ke kabin pesawat) sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan bawaan Anda. Manfaat lainnya, Anda bisa belajar mengemas barang seringan mungkin dan koper menjadi tidak terlalu berat.
  • Jangan meletakkan sepatu sembarangan. Letakkan dengan hati-hati di bagian dasar koper.
  • Lalukan penghematan waktu. Gulung semua pakaian dan jadikan menjadi satu kesatuan sehingga semuanya berada di dalam satu tempat dan siap dipakai.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

  • Jika Anda bepergian dengan pesawat terbang (atau harus melalui pemeriksaan keamanan yang ketat), pastikan untuk tidak membawa pisau, pistol, korek api, gunting kuku, alat makan, barang-barang mudah busuk, pembuka surat, dan benda-benda cair, karena bisa disita.
  • Jika Anda berencana membeli oleh-oleh di tempat tujuan, Anda bisa membawa koper ekstra atau koper yang lebih besar. Masukkan ransel ringan yang sudah dilipat ke bagian dasar koper. Ransel ini berguna untuk menampung oleh-oleh yang dibeli.
  • Jika membawa benda elektronik atau berharga, awasilah selalu karena benda-benda tersebut mudah hilang.
  • Banyak maskapai penerbangan yang memiliki aturan pembatasan berat carry on bag dan checked bag (tas/koper berjumlah banyak sehingga harus dicek dan disimpan di bagian kargo). Peraturan tersebut saat ini semakin ketat. Jadi, perhatikanlah hal ini.

Hal yang Anda Butuhkan

  • Koper yang sesuai kebutuhan (lebih baik yang bisa dibawa masuk ke kabin jika Anda bepergian dengan pesawat terbang)
  • Pakaian
  • Uang
  • Alat-alat mandi
  • Benda-benda lain yang Anda butuhkan saat liburan.
  • Cairan Pembersih Tangan
Baca Juga :  Tips Anti Ribet di Bandara Saat Menuju ke Hotel Dekat Stasiun Gambir

You may also like

Leave a comment