Taman Mini Indonesia Indah Salah Satu Destinasi Wisata yang Mendunia

Jalan-Jalan Ke Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah Salah Satu Destinasi Wisata yang Mendunia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 17.000 pulau, ratusan suku, dan ragam bahasa daerah. Menjadi bagian dari bangsa Indonesia merupakan sebuah kebanggaan, apalagi kalau semua aspek dari keragaman itu bisa dilihat di satu tempat secara langsung yaitu di Taman Mini Indonesia Indah yang terdapat di  DKI Jakarta. Selama beberapa tahun pemandangan di TMII telah memanjakan para wisatawan baik domestik maupun asing, apalagi semua wahana di sini sangat menarik untuk dicoba. Berwisata ke TMII sangat mengasyikkan, semua beban pikiran pun seakan hilang.

Pada dasarnya TMII merupakan cerminan dari seluruh budaya dan kehidupan masyarakat Indonesia dalam versi mini. Betapa tidak, di TMII bisa dilihat banyak hal yang mencerminkan kebudayaan rakyat Indonesia misalnya koleksi busana tradisional, tarian daerah, dan arsitektur tradisional. TMII diresmikam oleh Ibu Tien Soeharto di tahun 1991.

Seiring bergulirnya waktu, koleksi arsitektur tradisional di TMII jumlahnya mengalami perubahan. Seperti yang kita tahu saat ini di Indonesia terdapat 34 provinsi dari sebelumnya sebanyak 27 provinsi. Seiring dengan perubahan ini maka ditambah pula arsitektur bangunan dari daerah Banten, Papua Barat, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo, hingga Kepulauan Riau. Arsitektur bangunan tradisional yang disebut anjugan ini, untuk provinsi-provinsi baru, rata-rata ukurannya lebih kecil dari anjungan yang sebelumnya sudah ada.

Replika Kepulauan di Indonesia

Tidak hanya itu, di TMII juga dibuat sebuah danau di mana di sana dibuat miniatur dari pulau-pulau di Indonesia. Semua keelokan ini seakan semakin sempurna dengan instalasi kereta gantung yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan indah ini dari atas. Lengkap sudah petualangan anda ketika sudah menikmati wahana ini, di akhir petualangan, anda bisa menyempatkan waktu untuk pergi ke museum di TMII, dan nonton di Teater IMAX Keong mas.

Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah diinisiasi oleh Ide Ibu Tien Soeharto yang menginginkan dibangunnya sebuah Lokasi wisata budaya di tahun 1970. Dengan dibangunnya pusat wisata budaya ini diharapkan agar rakyat Indonesia bisa lebih menghargai dan bangga dengan kekayaan budaya bangsanya.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan-pertemuan yang membahas ide dibangunnya TMII, pada tahun 1970 an dimulailah proyek pembangunan miniatur Indonesia Indah dengan pelaksana proyek Yayasan Harapan Indah. Saat ini untuk masuk ke TMII, setiap orang dikenakan biaya masuk sekitar Rp. 15.000, tetapi di komplek TMII juga ada wahana-wahana yang mengharuskan kita untuk membayar biaya tambahan untuk masuk ke sana misalnya saat masuk ke museum keprajuritan Indonesia, kereta gantung, snowbay, dan lain-lain.

Teater IMAX Keong Mas

Jika anda berwisata ke tempat lain mungkin akan ditemukan bahwa tempat-tempat wisata itu bersifat Independen. Tidak seperti TMII yang didalamnya terdapat 33 Anjungan daerah, belum termasuk anjungan tambahan dari daerah yang baru dimekarkan, belum lagi 15 museum, dan 10 taman yang juga difungsikan sebagai tempat konservasi. Semua koleksi ini jumlahnya tidak stagnan tetapi terus bertambah dan mengalami perubahan.

Di Taman Mini Indonesia Indah juga terdapat miniatur Candi Borobudur di mana seluruh bangunan candi bisa dilihat dengan jelas. Dengan melihat replikanya, semua akan tahu bahwa Indonesia memiliki bangunan candi yang begitu megah dan sangat Indah yang lokasinya terdapat di Jawa Tengah. Eksistensi dari miniature candi boroburur ini sebagai penanda bahwa Indonesia merupakan tempat yang Indah.

Ads :

Sofyan Inn Tebet, Hotel Halal dengan konsep autentik di Kota DKI Jakarta

Tersedia 4 Jenis Kamar Yang Variatif Untuk Anda

Hubungi

CS HOTEL SOFYAN INN TEBET

Jalan Dr. Soepomo, SH No. 23,
Tebet, South Jakarta,
Indonesia, 12810
Phone : +62 21 8295699,
Fax : +62 21 8307495,
WhatsApp : +62 8119121246

#halal
#halaltourism
#halalhotel
#muslimfriendly
#pancoran
#tebet
#tmii
#pasartanahabang
#tanahabang
#bandarahalim
#KeretaBandarasoekarnohatta

Baca Juga :  Hotel di Jakarta Pusat Bintang 3 Terbaik

You may also like

Leave a comment