Kuliner Lezat di Daerah Cikini, Jakarta Pusat, Enaknya Gak Ketulungan

 

Kuliner Lezat di Daerah Cikini

Kuliner Lezat di Daerah Cikini, Jakarta Pusat, Enaknya Gak Ketulungan

Selain sebagai pusat bisnis, Jakarta menawarkan pesona lain yang tidak kalah menarik yaitu dalam hal kuliner. Salah satu spot di mana anda bisa mendapatkan banyak menu enak adalah kuliner lezat di daerah Cikini, Jakarta Pusat. Meskipun semua kuliner di sini beraksen kaki lima, tapi itu tidak membatasi enaknya rasa makanan yang dijual di sini.

Anda bisa mendapati banyak penjual berderet di sepanjang Jalan Cikini di mana masing-masing dari mereka menjual menu makanan yang berbeda. Satu hal yang harus diketahui, baik penjual maupun pembeli di sini berasal dari banyak daerah berbeda sehingga suasana di sini identiK dengan perpaduan budaya.

Karena banyaknya menu kuliner di sini, kami merangkumnya ke dalam 4 menu kuliner special yang sudah sangat terkenal di seantero Jakarta.

Melihat Sejarah Kuliner Cikini

Ketika menyoal tentang kuliner Cikini, kita tak bisa melepaskan semuanya dari sejarah Cikini karena secara global Cikini masuk ke wilayah Menteng, sebagai salah satu kelurahannya. Dibangunnya daerah Menteng diinisiasi oleh P.A.J. Mooijen, arsitek belanda yang terlibat dalam proyek Nieuw Gondangdia di tahun 1910.

Daerah Menteng berkembang pesat dan dilengkapi dengan banyak taman terbuka misalnya saja Taman Cut meutia, Taman Lawang, dan Taman Situlembang. Seiring berkembangnya daerah Menteng, Kawasan Cikini pun terkena imbasnya di mana di sini pernah didirikan Kebun binatang yang dinamai Planten en Dierentuin pada tahun 1864 oleh Raden Saleh.

Ups, sampai lupa pada point bahasan utama tentang kuliner lezat di daerah Cikini. Oke kita mulai yah :

SOTO H. MA’RUF

SOTO H. MA’RUF

Bagi pecinta soto, barangkali anda harus datang ke rumah makan yang satu ini. Namanya rumah makan betawi Soto H. Ma’ruf yang berlokasi di areal Taman Ismail Marzuki. Menu soto di sini sudah sangat terkenal dan mulai buka sejak tahun 1970an. Meski pada awalnya berjualan dengan berpindah-pindah, rumah makan ini pun akhirnya menetap di areal Taman Ismail Marzuki.

Selain soto, menu lainnya yang terkenal enak dan laris dipesan pengunjung adalah Laksa Betawi. Laksa Betawi asalnya memang tidak asli dari Betawi tetapi telah membaur sebagai makanan orang Betawi.  Well, bukan Cuma Laksa Betawi, di sini dijual juga Laksa Bogor.

GADO-GADO BONBIN

Gado-Gado Bon Bin

Destinasi berikutnya ketika anda sudah merasa terpuaskan dengan menyantap Laksa dan Soto Di rumah makan di atas adalah ke Gado-Gado Bonbin yang ada di Jalan Cikini IV dan bisa dicapai dengan berjalan kaki saja. Mulai dibuka pada tahun 70an dan menjual gado-gado dengan rasa yang khas. Begitu khas karena bumbu kacang pada gado-gado ini sangat lembut dan membuat beberapa tokoh penting datang ke sini untuk mencobanya seperti Gus Dur, Taufik Kiemas, dan Andi Malarangeng yang merupakan pelanggan loyal di sini.

NASI UDUK GONDANGDIA

NASI UDUK GONDANGDIA

Nasi uduk Gondangdia telah dibuka sejak lama, tepatnya sejak tahun 1993. Lokasinya terselip di dalam perumahan tetapi dengan bagian muka yang berhadapan dengan rel kereta layang stasiun Gondangdia. Nasi uduk di sini sangat melegenda, apalagi menu gorengannya sebagai pelengkap nasi uduk. Nasi uduk Gondang dia terkenal dengan nasinya yang pulen, juga taburan dari bawang gorengnya. Hasilnya, nasi tak hanya terkesan gurih tapi juga nikmat ketika disantap.

BUBUR CIKINI

BUBUR CIKINI

Aduh tak terasa setelah seharian jalan-jalan untuk berburu kuliner, kini hari sudah beranjak petang. Tinggal satu lagi rumah makan yang masih tersisa untuk saya buru di penghujung hari ini. Inilah bubur cikini yang lokasinya ada di dekat Stasiun Cikini. Kedai Bubur Cikini hanya berjualan di pagi dan sore hari saja. Rasa bubur cikini identic dengan bubur asal Cirebon.

Dengan memesan semangkuk saja, sudah cukup untuk mengenyangkan sampai beberapa jam. Seporsi bubur ini berisi potongan emping, ayam sewir, dan ditaburi cakwe. Tapi tetap saja, semua tak lengkap tanpa diberi kecap.

Selesai sudah perburuan Kuliner Lezat di Daerah Cikini. Mana yang akan anda pilih sebagai teman bersantap hari ini? Satu hal pasti, semuanya enak dan tentu saja murah meriah.

Ads :

Sofyan Hotel Betawi, Hotel Halal dengan konsep autentik di Kota DKI Jakarta

Tersedia 4 Jenis Kamar Yang Variatif Untuk Anda

Tersedia berbagai paket dan promo

Pesan Kamar Hotel Nyaman di Cikini

Hubungi :

CS HOTEL SOFYAN BETAWI

Jalan Cut Mutia No.9, Menteng,
Jakarta, Indonesia, 10330
Phone : +62 21 3905011,
WhatsApp : +62 8119121236
Fax : +62 21 3902747

#halal
#halaltourism
#muslimfriendly
#mesjidcutmutia
#hotelcikini
#cikini
#mesjidistiqlal
#stasiungambir
#stasiungondangdia
#gambir
#monas
#tim
#pasartanahabang
#tanahabang
#KeretaBandarasoekarnohatta

 

Baca Juga :  Hari Cokelat Sedunia

You may also like

Leave a comment