Konsep Hotel Halal? Seperti Apa Sih Deskripsi Lengkapnya ?

Beberapa waktu lalu kita sempat dihebohkan dengan berita ditutupnya salah satu hotel yang menyumbang pemasukan cukup besar bagi pemerintah DKI Jakarta. Rupa-rupanya penutupan tersebut diinisiasi oleh Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Yang Baru. Dengan demikian perpanjangan ijin operasional Hotel tersebut secara remi dihentikan.

Nah, dalam hal ini Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta, berkeinginan untuk mengembangkan turisme halal, diantaranya melalui pengembangan hotel syariah. Penerapan konsep hotel syariah berarti bahwa operasional sebuah hotel harus mengimplementasikan prinsip dan ajaran dari Agama Islam.

Daripada itu, konsep hotel halal berarti bahwa seluruh bagian dari hotel itu harus berkesan Islami, antara lain mulai dari desain hotel itu sendiri, posisi dari kamar, ruang tempat makan, dan segalanya, harus mencerminkan nilai islami.

Bukan hanya dari segi konsep dan penataan ruangan saja yang harus islami. Lebih jauhnya, penerapan managemen dan operasional harian dari Hotel Syariah juga sedapat mungkin mengaplikasikan prinsip islami. Misalnya, ketika pasangan suami istri ingin melakukan check ini secara berbarengan, mereka diharuskan untuk memperlihatkan buku nikah.

Dengan demikian, jika ternyata pasangan tersebut bukan suami istri, tetapi memiliki kegiatan atau acara bersama, maka ruangannya harus dipisahkan, atau lantainya dipisahkan.

Tidak hanya itu, dengan adanya ketentuan hotel halal atau hotel syariah, maka semua karyawan yang bekerja di Hotel itu juga harus beragama islam. Juga diberlakukan ketentuan di mana untuk karyawan laki-laki dan perempuan, penggunaan lift nya juga harus dibedakan.

Jadi pada kelanjutannya, semuanya dioperasionalkan dengan konsep syariah, Tidak hanya itu, sudah terdapat beberapa perusahaan perjalanan wisata di Jakarta, yang mengusulkan diberlakukannya pengembangan tujuan wisata halal di Jakarta. Hal ini telah diusulkan kepada Sandiana Uno beberapa waktu lalu, dan beliau menyetujuinya.

Ads :

Sofyan Hotel Betawi, Hotel Halal dengan konsep autentik di Kota DKI Jakarta

Tersedia 4 Jenis Kamar Yang Variatif Untuk Anda

Hubungi

Costumer Service HOTEL SOFYAN BETAWI

Jalan Cut Mutia No.9, Menteng,
Jakarta, Indonesia, 10330

Phone : +62 21 3905011,

WhatsApp : +62 8119121236

Fax : +62 21 3902747

Baca Juga :  Pariwisata Halal di Jepang

You may also like

Leave a comment