Jalan-Jalan Ke Pasar Antik Jalan Surabaya
Jalan-Jalan Ke Pasar Antik Jalan Surabaya di Menteng, Jakarta Pusat

Sudah sejak lama Pasar Antik Jalan Surabaya, daerah Menteng, Jakarta Pusat ini dikenal sebagai pusatnya penjualan barang antic di Jakarta. Di sini diperjualbelikan aneka barang antik, tidak hanya yang berasal dari zaman dulu tapi produk yang sedang trend pun di jual di sini. Ada juga pasar loak yang terdapat di sini dan menjual aneka benda antik dengan harga lumayan mahal, tetapi sangat layak untuk dipakai karena merupakan benda bekas pakai orang kaya.

Tipe-tipe benda antik yang bisa didapatkan di sini antara lain yang bermaterial porselen, logam, keramik, juga dari kayu. Ada juga barang-barang seperti wayang kulit, patung dari kayu, perlengkapan makan berbahan kuningan, topeng tokoh terkenal, hingga senjata adat dari berbagai wilayah di Indonesia. Semua benda antik di sini sangat artistik dan bernilai seni tinggi.

Untuk mendapatkan benda antik yang dijual di sini, pembeli harus memiliki kemampuan menawar, serta memilih benda mana yang nilai seninya tinggi dan mana yang biasa-biasa saja. Tak sedikit koleksi lawas yang justru bisa dijual lagi dengan harga lebih mahal misalnya koleksi piringan hitam penyanyi lawas, telepon antic, kamera tahun 1900an, teleskop jadul, kompas, dan berbagai lampu antik. Pokoknya banyak sekali yang bisa anda beli di sini.

Tawar-Menawar Barang Antik di Pasar Antik Jalan Surabaya

Pasar Antik Jalan Surabaya muncul di awal dekade 60 an dan mendapat banyak tambahan tukang loak yang berasal dari pasar rumput karena di tahun 1970 an pernah terjadi penertiban secara besar-besaran yang berimbas pada masuknya para pedangan ini ke pasar barang antic di Jalan Surabaya. Pemerintah pun turun tangan dengan melakukan penataan di tahun 1974 sehingga pasar antic ini tertata dengan sangat apik.

Dengan begitu banyaknya koleksi barang antik di pasar ini, banyak wisatawan sengaja mampir ke sini untuk berburu barang antic. Pasar antic Jl. Surabaya memang layak menjadi tempat wisata belanja dengan pengunjung bervariasi, ada yang berasal dari Jakarta sendiri, juga dari kota-kota lainnya di Indonesia, bahkan yang datang dari luar negeri juga ada.

Jika anda seorang kolektor barang antik, pasti anda akan menyempatkan diri untuk menyambangi pasar ini baik untuk membeli atau untuk sekedar mengagumi barang-barang yang dipajang di sini. Saking terkenalnya, pasar barang antic di  Jalan Surabaya ini pernah dikunjungi oleh Bill Clinton di tahun 1994 ketika beliau melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

Untuk mencapai tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Tapi akan lebih cepat jika anda menggunakan kereta api commuter line via stasiun cikini saja. Setelah keluar dari stasiun cikini, tinggal berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit saja hingga anda sampai di pasar yang terletak di Jalan Surabaya tersebut.

Akses Masuk Pasar Antik Jalan Surabaya

Pasar Antik Jalan Surabaya buka setiap hari dari pukul 9 pagi sampai jam 5 sore. Saat berada di sini anda tak akan merasakan suhu udara yang panas karena di sini relatif teduh. Selain itu, nyamannya suhu di sini juga ditunjang oleh banyaknya pepohonan rindang yang tumbuh di sini. Paling tidak, di sini terdapat 200 lapak tukang loak penjual benda antik.

Kalau anda tidak tahu akses kendaraan umum untuk menuju ke Pasar antik jalan Surabaya ini, silakan dicatat alamatnya yah, lokasinya ada di sepanjang Jl. Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat. Lokasi GPS : -6.1999735,106.8403673, Waze. Jam buka : 07.00 – 18.00, setiap hari.

Ads :

Sofyan Hotel Betawi, Hotel Halal dengan konsep autentik di Kota DKI Jakarta

Tersedia 4 Jenis Kamar Yang Variatif Untuk Anda

Tersedia berbagai paket dan promo

Hubungi :

CS HOTEL SOFYAN BETAWI

Jalan Cut Mutia No.9, Menteng,
Jakarta, Indonesia, 10330
Phone : +62 21 3905011,
WhatsApp : +62 8119121236
Fax : +62 21 3902747

#halal
#halaltourism
#muslimfriendly
#mesjidcutmutia
#hotelcikini
#cikini
#mesjidistiqlal
#stasiungambir
#stasiungondangdia
#gambir
#monas
#tim
#pasartanahabang
#tanahabang
#KeretaBandarasoekarnohatta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *