Sekilas Jakarta

Ibukota Negara Indonesia adalah Jakarta. Jakarta bisa di sebut Daerah Khusus Ibukota Jakarta ( DKI ) status setingkat provinsi.
Dulu pernah dikenal dengan sebutan di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Bisa juga dibandingkan dengan kota New York.

Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km². Jakarta merupakan kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara.

Sebagai politik, bisnis dan kebudayaan, Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pusat pemerintahan negara Indonesia, erusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta dilayani oleh dua bandar udara, yakni Bandara Soekarno–Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, serta tiga pelabuhan laut di Tanjung Priok, Sunda Kelapa, dan Ancol.

Jakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang menyimpan keberagaman kebudayaan dan kehidupan. Mengapa seperti itu ? Karena masih banyak orang yang datang dari berbagai daerah yang datang ke Jakarta untuk mengadu nasib di Jakarta. Bisnis dan wisata merupakan bagian dari tujuan orang luar Jakarta untuk datang datang ke Jakarta.

DKI Jakarta hanya memiliki pembagian di bawahnya berupa lima kota administratif dan satu kabupaten administratif, yang berarti tidak memiliki perwakilan rakyat tersendiri.
Daerah yang termasuk Jakarta adalah ;
1. Kabupaten Kepulauan Seribu.
2. Jakarta Pusat.
3. Jakarta Barat.
4. Jakarta Utara.
5. Jakarta Selatan.
6. Jakarta Timur.

Jakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup baik di Indonesia. Untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jakarta, pemerintah mengadakan program “Enjoy Jakarta”. Beberapa tempat pariwisata yang terkenal dan biasa dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara di antaranya adalah ;
1. Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur.
2. Pulau Seribu di Kepulauan Seribu.
3. Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan
4. Ancol (Dunia Fantasi dan Seaworld Indonesia) di Jakarta Utara.

Disamping itu Jakarta juga memiliki banyak tempat wisata sejarah, yakni berupa museum dan tugu.
Diantaranya adalah ;
1. Museum Gajah di Jakarta Pusat.
2. Museum Fatahillah di Jakarta Barat.
3. Monumen Nasional di Jakarta Pusat.

Bukan hanya itu saja sekitar 219 hotel berbintang, 3.173 restoran, dan 40 balai pertemuan. Hampir semua jaringan hotel telah dibangun oleh para pebisnis, untuk mengakomodasi keinginan para wisatawan tersebut. Jakarta Pusat yang merupakan bagian dari Jakarta yang paling dituju dikarenakan dekat dengan pusat pemerintahan dan bisnis.

Sebagian dari program enjoy jakarta salah satunya adalah wisata halal di jakarta. Mungkin tidak asing dengan bahasa Wisata halal yang sedang di galakan oleh pemerintah Indonesia, khusunya DKI Jakarta. Wisata halal adalah wisata yang biasa saja, Wisata yang biasa saja dalam artian menyediakan fasilitas dan layanan menghibur wisatawan, seperti hotel, tempat makan, objek dan atraksi wisata. Hanya saja, wisata halal dituntut untuk menyediakan semua hal tersebut yang sesuai dalam aturan syariah Islam. Adanya wisata halal ini maka timbulnya hotel halal.

Sekilas Hotel

Sesuai dengan definisi adalah hotel pada umumnya adalah suatu bentuk bangunan,perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan,
penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel
tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.
Berdasarkan klas hotel itu ada beberapa kriteria ;
1. Hotel bintang 1
2. Hotel bintang 2
3. Hotel bintang 3
4. Hotel bintang 4
5. Hotel bintang 5

Seperti halnya hotel yang lain. Hotel halal juga menyediakan berbagai fasilitas tersebut dan berbintang pula seperti halanya hotel yang lain.
Akan tetapi yang sebelumnya di jelaskan. Hotel halal ini dituntut juga untuk menyediakan semua hal tersebut yang sesuai dalam aturan syariah Islam seperti hotel di jakarta pusat bintang 3 ini.

Perkembangan jaman makin berubah dan kebutuhan akan hotel pun berubah dengan pesatnya. Dengan pertumbuhan hotel yang cukup tinggi dengan persaingan harga yang cukup tinggi juga di sertai dengan persaingan fasilitas yang cukup memanjakan para penggunanya.
Perubahan fungsi hotelpun ikut berubah. Dari tempat untuk berbisnis dan berwisata berubah menjadi tempat hal hal yang tidak di perbolehkan dengan norma norma asusila. Hotel Halal ini menjadikan suatu pilihan bagi para pengguana hotel di Indonesia.

Nah … karena banyak pilihan hotel dan menginap ini yang membuat kita bingung. Memilih penginapan ketika liburan bisa jadi sebuah pekerjaan yang susah susah gampang. Ada macam macam hotel yang ada di Jakarta. Khususnya Jakarta Pusat. Dari melati sampai bintang 5. Apalagi jika Anda mendatangi sebuah tempat liburan yang baru. Jangan asal pilih saja, karena hotel akan menjadi tempat tinggal Anda sementara selama liburan.
Jadi, Anda harus memilih yang paling tepat dan sesuai bagi kebutuhan Anda.

Tips dan Cara Memilih Hotel

Berikut tips agar Anda menemukan hotel yang tepat di saat wisata di Jakarta :

1. Lihat Budget Keuangan Anda
Jangan memaksakan sejumlah anggaran yang tidak mampu Anda penuhi untuk membayar tarif penginapan. Sebab liburan bukan hanya mengeluarkan sejumlah dana untuk menginap saja, tetapi Anda akan mengeluarkan sejumlah uang untuk berbagai hal lainnya selama di sana nanti.

2. Lokasi Hotel
Pertimbangkan lokasi hotel yang akan Anda gunakan dengan lokasi tempat-tempat wisata yang akan Anda kunjungi nanti. Selain jarak dengan tempat-tepat wisata, Anda juga wajib mempertimbangkan lokasi hotel Anda dengan fasilitas angkutan umum, misalnya jalur bis atau kereta terdekat. Anda akan kesulitan untuk bepergian
kemana-mana, jika ternyata lokasi hotelnya terlalu jauh dari jalur angkutan umum. Atau, Anda akan memboroskan sejumlah uang untuk menggunakan taksi setiap kali akan bepergian nanti.

3. Tempat Makan
Tempat makan akan mudah dijumpai ketika Anda menemukan tempat penginapan yang tidak jauh dari keramaian. Tempat seperti ini juga biasanya banyak dilalui angkutan umum, jadi Anda tidak akan kesulitan saat akan bepergian ke mana-mana dengan menggunakan angkutan umum.

4. Kondisi Keamanan
Pilih sebuah hotel yang berada di lokasi / kawasan yang aman, sehingga liburan Anda tetap bisa menyenangkan. Anda juga akan tinggal di hotel tersebut dengan perasaan yang nyaman dan tenang.

5. Kebersihan Hotel
Pilih sebuah hotel yang bersih dan layak untuk dijadikan sebagai tempat menginap Anda selama liburan. Tidak harus selalu mewah, namun sebuah hotel yang memiliki fasilitas standar sekalipun bisa saja layak untuk ditinggali, jika kondisinya dalam keadaan bersih. Hotel yang bersih akan membuat Anda nyaman dan bisa menikmati liburan dengan menyenangkan.

6. Fasilitas-fasilitas Hotel
Pertimbangkan mengenai fasilitas apa saja yang dimiliki oleh hotel tersebut. Anda tentu tidak akan mau mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk membayar sebuah hotel yang tidak memiliki fasilitas yang layak.

7. Lihat Testimoni
Cari dan temukan berbagai testimoni pengunjung sebelum Anda memesan tempat penginapan. Lihat kesan mereka selama menginap di sana, sehingga Anda bisa memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai hotel tersebut. Ini bisa dijadikan sebagai salah satu patokan penilaian terhadap hotel yang akan Anda gunakan.

8. Bandingkan
Sebelum memilih salah satu yang paling tepat, maka Anda wajib membandingkan satu atau dua hotel yang akan kemu pilih nantinya. Lihat fasilitas dan hal lainnya yang akan Anda dapatkan dari masing-masing hotel tersebut, lalu pilih salah satu yang menurut Anda paling layak dan baik untuk Anda tinggali selama liburan.
Dapatkan sebuah kamar hotel dengan fasilitas dan juga harga yang sesuai, booking dan buat liburan Anda menjadi lebih mudah.

Dilihat dari 8 alasan tersebut dan di sinkronisasikan dengan wisata yang sedang di kembangkang oleh DKI jan karta yaitu wisata halal dan di dukung oleh pemerintah. Salah satu bagian dari wisata halal adalah hotel halal. Karena Halal itu berhubungan dengan kebersihan, tempat makan, dan segala fasilitasnya dengan jaminan halal. Jaminan halal ini bukan hanya sebagai bahasa halal saja. Tetapi di dukung oleh sertifikat yang di keluarkan oleh pemerintah melalui Badan MUI ( Majalis Ulama Indonesia )

Ada beberapa hotel yang di Jakarta Pusat yang memiliki sertifikat ini, salah satunya hotel di jakarta pusat bintang 3. Mungkin sudah ada yang pernah mendengar Sofyan Hotel Betawi.

Sofyan Hotel Betawi yang pernah memenangi World Halal Travel Award 2015 di Abudhabi ini sebagai World’s Best Family Friendly Hotel memiliki rahasianya. Malam puncak penghargaan ini digelar di The Emirates Palace Ballroom, Abu Dhabi, Uni Emirates Arab. Ajang ini merupakan lanjutan dari acara Global Islamic
Economy Summit (GIES) pada bukan November 2013 lalu di Dubai.
Adapaun 5 rahasianya hotel di jakarta pusat bintang 3 ini adalah :
1. Sertifikat Halal dari MUI ( Majelis Ulama Indonesia).
Pengelolaan sebuah hotel pun bisa mendapatkan sertifikasi halal MUI melalui berbagai rangkaian tes yang sudah ditentukan dan terstandarisasi MUI.Bukti bahwa Hotel
Sofyan Betawi merupakan hotel dengan pengelolaan yang halal karena sudah disertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jadi bukan hanya makanan saja yang bisa mendapatkan sertifikasi halal MUI.

2. Restoran Halal.
Sebagai restoran halal di Jakarta. Sofyan Hotel Betawi tidak menyediakan minuman beralkohol sebagai komitmen hotel Syar’i. Semua makanan yang disajikan di Hotel Sofyan Betawi telah disertifikasi oleh MUI sehingga umat muslim yang menginap tidak perlu khawatir lagi dengan sajian makanan dari Sofyan Hotel Betawi.

3. Musholla Besar dan Nyaman.
Selain menyediakan sajadah di kamar hotel, Sofyan Hotel Betawi juga memiliki sebuah musholla yang cukup besar untuk ukuran sebuah hotel. Musholla inilah yang bisa digunakan sebagai tempat ibadah salat lima waktu oleh para tamu. Selain mushollanya bersih juga terletak di tempat yang mudah diakses.

4. Adanya Sajadah dan Kitab Suci Al-Quran di Kamar.
Bagi sebagian orang mungkin hal ini dianggap hal yang sepele, menyediakan sebuah sajadah, alas untuk ibadah salat bagi umat muslim. Namun, hal sepele tersebut yang membedakan Hotel Sofyan Betawi dengan hotel lainnya. Hotel-hotel pada umumnya hanya memberikan tanda kiblat yang dipasang di langit-langit atau didalam laci di kamar hotel. Sehingga tamu tidak perlu bertanya lagi arah kiblat.

5. Pelayanan Ramah dan Bersahabat.
Sapaan “Assalamualaikum” sudah menjadi ciri khas pelayan dan karyawan Sofyan Hotel Betawi dalam menyapa para tamunya. Sapaan yang menyejukkan dan meneduhkan hati.
Setiap orang yang disapa akan merasakan aura yang berbeda karena memang inilah sesuatu yang tidak bisa didapatkan di hotel la
innya. Sofyan Hotel Betawi berhasil membangun nuansa Islami dengan sapaan “Assalamualaikum” kepada para tamunya.

Sofyan Hotel Betawi juga lekat dengan dekatanya lokasi masjid Cut Mutia. Lokasi Sofyan Hotel Betawi yang terletak di jalan Cut Mutia No. 9 Menteng, Jakarta ini memang sangat strategis. Mulai dari akses ke Stasiun Kereta Api Gambir, jarak yang cukup dekat dengan Monumen Nasional dan Pusat Kota menjadikan Sofyan Hotel Betawi sebagai pilihan bagi para tamunya untuk menggunakan fasilitas hotel tersebut.

Jarak ke pusat perbelanjaan seperti Tanah Abang dan Thamrin City merupakan salah satu alasan juga mengapa para tamu menginap di Sofyan Hotel Betawi. Lokasi yang strategis berada di tengah kota, namun bisa memberikan suasana yang nyaman dan tidak bisang serasa di rumah sendiri sangat kental terlihat dari bentuk dan corak bangunan Sofyan Hotel Betawi.

Untuk tamu-tamu asing tentu cukup familiar dengan jalan Jaksa. Tidak sedikit juga tamu asing yang menginap di Sofyan Hotel Betawi karena alasan tersebut. Beberapa diantaranya memang sudah mengetahui bahwa Sofyan Hotel Betawi mengusung konsep Syariah.

Hotel di jakarta pusat bintang 3 ini beralamat di Cut Mutia No. 9, Menteng, Jakarta Pusat.

Hotel di Jakarta pusat bintang 3 ini memiliki 89 kamar, 5 ruang pertemuan, 2 restaurant.
Fasiltas fasiltasnya antara lain :
– Area parkir
– Kafe
– Lift
– Layanan kamar 24 jam
– Restoran
– Brankas ( Safety Deposit )
– Wifi di area umum

Service Hotel
– Bellboy
– Concierge/layanan tamu
– Resepsionis 24 jam
– Keamanan 24 jam
– Laundry ( pencucian baju )
– Penitipan bagasi
– Staff multibahasa
– Surat kabar di lobby
– Porter

Makanan dan Minuman
– Restoran ber-AC
– Herbal Bar
– Sarapan
– Sarapan prasmanan
– Sarapan lebih awal
– Sarapan dengan makanan hangat
– Tanpa minuman beralkohol

Fasilitas Kamar
– TV kabel ( TV LCD/ LED )
– Meja
– Kulkas
– Shower
– TV

Fasilitas Bisnis
– Fasilitas bisnis
– Ruang rapat
– Fasilitas rapat
– Fotocopy
– Proyektor

Fasilitas Terdekat
– ATM/Bank
– Salon rambut
– Laundry Swadaya
– Toko
– Supermarket

Umum
– AC
– Banquet
– Area bebas asap rokok
– Area merokok

Kegiatan Lainnya
– Pusat kebugaran
– Layanan pijat

Konektivitas
– Fasilitas komputer/internet
– Internet Kamar

Olahraga & Rekreasi
– Pusat kebugaran

Dilihat dari fasilitas tersebut diatas, tidak jauh bebrbeda dengan hotel lainnya. Tapi hotel ini merupakan hotel yang memiliki sertifikat halal dari pihak pemerintah. Kelebihan inilah yang menjadi ciri dari hotel di jakarta pusat bintang 3 ini. Dengan terus meningkatkan produk dan fasilitas yang bersertifikat halal ini, Sofyan Hotel Betawi terus menjadi hotel yang terpandang di daerah Cikini, Menteng.
Sofyan hotel grup ini juga memiliki 1 properti lagi di Jalan Supomo No. 23 Tebet Jakarta Selatan.

Untuk pemesanan bisa menghungi no telp dibawah ini :
Sofyan Hotel Betawi
021.3905011
Sofyan Inn Tebet
021.8295699

Atau bisa menghubungi langsung kontak yang ada di website sofyanhotel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *