Fakta Menarik Pariwisata Indonesia

Berwisata di jaman sekarang ini sudah menjadi kebutuhan hampir setiap orang. Apalagi bagi orang Indonesia yang dikaruniai beragam tempat wisata yang menakjubkan. Kerabat Sofyan tentu sudah memiliki rencana kemana akan berlibur nanti. Ternyata ada beberapa fakta unik yang jarang kita tahu seputar dunia wisata. Apa sajakah fakta menarik pariwisata Indonesia yang jarang kita tahu, simak tulisan berikut

Danau Sebening Kaca di Jambi

Beranjak ke Jambi, traveler akan menemukan destinasi cantik yang mungkin tak ada duanya di Indonesia. Ada danau sebening kaca di kaki Gunung Kerinci.

Danau ini bernama Danau Kaco, karena memang air danau ini sangat jernih seperti kaca. Sampai-sampai traveler bisa melihat hingga ke dasar danau yang dipenuhi batang-batang kayu.

Untuk menuju ke destinasi satu ini, traveler mesti menyiapkan fisik yang cukup prima. Trekking selama kurang lebih 2,5 jam harus ditempuh oleh traveler yang ingin menikmati keindahannya. Namun semuanya akan terbayar lunas begitu melihat pemandangan spektakuler danau sebening kaca ini.

Tradisi Bersih Rumah Pakai Kotoran Sapi

Bagi kerabat Sofyan, bersih-bersih rumah dengan pembersih lantai mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jadinya jika membersihkan lantai dengan kotoran sapi? Di Desa Sade, Rembitan, Lombok Tengah, Anda bisa mengenal kehidupan Suku Sasak yang merupakan suku asli di Lombok. Di sana pula, Anda dapat melihat rumah adatnya yang bernama Bale Tani dengan keunikan dilumuri kotoran kerbau!

Tapi tidak semua bagian rumah dilumuri kotoran kerbau, melainkan hanya bagian lantainya saja. Kotoran kerbau yang digunakan adalah yang sudah kering dan dicampur air lalu dilumuri ke lantai. Tujuannya untuk menghilangkan debu-debu yang menempel dan membuat lantai kuat.

Pasar Kuliner Ekstrem di Tomohon

Mungkin pasar tradisional ini tak pernah terbayang di kepala kamu. Bukan daging sapi atau kambing yang diperjualbelikan. Melainkan daging anjing, ular dan sejenisnya. Tak heran jika dijuluki sebagai pasar kuliner ekstrem.

Berada di Tomohon, memang warga setempat masih suka mengkonsumsi daging dari hewan tersebut. Tikus, kelelawar pun jadi santapan di sana. Indonesia memang sungguh unik!

 

Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia

Inilah salah satu keunikan wisata di Indonesia. Bayangkan, ada sungai yang disebut sebagai yang terpendek di dunia.

Sungai Tamborasi di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter saja. Mungil banget ya!

Dari mata air, sungai ini langsung bertemu dengan pantai. Mata airnya berasa tawar dan di muaranya sudah berasa asin. Mata airnya terasa sejuk sementara di muaranya terasa lebih hangat. Sayang sungai ini belum didaftarkan ke Guinness Book of World Records.

Tradisi Potong Jari

Wah, kalau yang di atas seputar deestinasi yang unik, yang satu ini agak seram. Ya, siapa yang mau jarinya dipotong ala Yakuza di film-film. hii, serem ya.

Suku Dani di Wamena punya tradisi potong jari bernama Ikipalin. Tradisi ini sebagai bentuk simbol belasungkawa, yang mana tiap ada anggota keluarga yang meninggal maka jarinya dipotong.

Rasa sakit dari jari yang dipotong, tidaklah sesakit ditinggalkan oleh orang-orang yang dicintai. Tradisi di suku Dani ini hanya dilakukan oleh para wanita. Yang memotong jarinya, adalah suami mereka atau kepala suku.

Jarinya akan dipotong dengan kampak batu. Jangan kaget, jika melihat wanita-wanita Suku Dani dengan jari yang sudah tidak lengkap.

itulah tadi beberapa fakta menarik seputar pariwisata Indonesia yang jarang kita tahu. Merasa tulisan ini bermanfaat, klik ikon share ke social media ya.

 

Sofyan Hotel Cut Meutia, Hotel Halal dengan konsep halal, fitrah, kinship, di Kota DKI Jakarta
Tersedia 4 Jenis Kamar Yang Variatif Untuk Anda
Tersedia berbagai paket dan promo

Hubungi :

CS Sofyan Hotel Cut Meutia
Jalan Cut Mutia No.9, Menteng,
Jakarta, Indonesia, 10330
Phone/WhatsApp : +62 8119121256
Fax : +62 21 3902747

#halal
#halaltourism
#muslimfriendly
#mesjidcutmeutia
#hotelcikini
#cikini
#mesjidistiqlal
#stasiungambir
#stasiungondangdia
#gambir
#monas
#tim
#pasartanahabang
#tanahabang
#KeretaBandarasoekarnohatta

Baca Juga :  Liburan Menginap di Hotel di Daerah Menteng

You may also like

Leave a comment