Dekorasi Lebaran ala Ramadhan

Bulan puasa penuh berkah akan segera berakhir. Setelah sebulan penuh berpuasa tentunya hari kemenangan pun datang. Hari raya yang dikenal dengan hari lebaran atau Idul Fitri ini tentunya merupakan salah satu momen untuk berkumpul bersama keluarga dan juga teman. Untuk hari besar ini berbagai persiapan dilakukan di rumah. Dari memasak makanan ala lebaran hingga mendekorasi rumah untuk memeriahkan acara di hari tersebut. Tentunya berbagai dekorasi berikut ini bisa menjadi inspirasi untuk menghias rumahmu jadi lebih menarik. Simak tips dekorasi lebaran ala ramadhan berikut ini

Letakkan hiasan penanda seperti pada gambar di atas di depan pintu rumahmu. Dengan tulisan dan corak yang menunjukkan hari lebaran tentunya orang yang berkunjung ke rumahmu sudah merasa disambut hangat dengan dekorasi ini. Pemilihan warna hijau sebagai penghias di hari lebaran sangat cocok dan erat dengan hari lebaran dan nuansa religius.

 

Jika berkaitan dengan hari besar umat Islam ini, lentera juga menjadi salah satu penghias utama. Dengan beragam bentuk dan motif lentera, tentunya akan mempercantik rumahmu dan area sekitarnya yang diterangi. Lentera pun bisa berupa lentera gantung ataupun lentera yang diletakkan di lantai atau meja. Pilih pula lampu LED berwarna untuk menambah keceriaan dan keberagaman pada lenteranya.

 

Pepohonan lampu juga bisa menjadi hal yang memeriahkan hari lebaranmu. Tampak sederhana dan bisa kamu buat sendiri di rumahmu. Hiasannya pun dapat berupa gantungan berbentuk bulan sabit, bintang, ataupun motif lentera. Warna pohon dan hiasan yang serba putih ini melambangkan suasana bersih dan suci di hari ramadhan.

 

Masih dengan suasana yang serba putih bersih. Hiasan di atas tergolong sederhana dan juga elegan. Memperlihatkan beragam motif ala timur tengah yang tertera pada hiasannya. Selain itu lilin-lilin memberikan nuansa yang intim dan syahdu. Ditambah lagi bunga cantik yang menghiasi pada ruangan ini memperelok tampilan ruang. Simple, cantik, dan atraktif.

 

Jika menginginkan suasana yang lebih hangat dan playful, menghias salah satu sisi bidang dalam ruangan dengan lampu dan berbagai dekorasi lain bisa kamu terapkan. Tidak perlu lentera sungguhan, cukup dengan kertas hias yang berwarna lalu dibentuk seperti lentera. Sangat mudah dibuat dan tetap eye-catching dalam ruangan.

 

Menggunakan peralatan makan ala ramadhan yang ceria seperti yang satu ini bisa menambah keakraban keluarga saat berkumpul. Warna dan motif yang ceria dan lucu cocok digunakan apalagi jika banyak anak-anak yang ikut berkumpul bersama keluarga.Tentunya piring unik ini sangat terbantu dengan taplak yang polos. Sehingga tidak terkesan terlalu ramai dan berlebihan di atas meja makan.

 

Jika tidak ingin yang terlalu mencolok namun tetap akrab dengan suasana ramadhan, furniture dengan motif tertentu bisa juga kamu gunakan saat hari raya ini. Pada gambar satu ini baki dan penghias ruangan memiliki pattern khas yang sering kita lihat dengan style dekorasi ala middle-east. Tidak hanya pattern saja, bisa juga berupa lukisan atau hiasan dinding seperti kaligrafi yang bisa kamu pajang di ruang tamu atau keluarga.

 

Lebaran identik dengan makan-makan sehingga menghias area cemilan dan makanan pun juga bisa dilakukan. Contohnya yaitu meletakkan makanan pada tempat saji berbentuk unik seperti bulan sabit. Tidak lupa pula adanya tulisan kaligrafi yang menggantung di tempat saji tersebut menambah elemen dekorasi. Selain bentuknya, materialnya yang transparan juga membuat area ini jadi lebih menarik karena kue yang disajikan jadi tampak melayang dan tersusun dengan bentukan bulan sabit.

 

Selain lentera, alat penerang lainnya yang cocok untuk menyambut hari raya adalah lilin. Bukan sekedar lilin biasa, lilin ini didesain dengan gambaran motif unik menggunakan mehndi. Mengingatkan kita dengan suasana negara India yang juga dikenal dekat dengan nuansa Islam karena adanya bangunan terkenal dengan gaya arsitektur Islam di negara tersebut yaitu Taj Mahal.

 

Konsep pewarnaan ungu tentunya juga cukup akrab dengan suasana religius. Warna ini meningkatkan rasa kepercayaan diri dan religius karena sifatnya yang spiritual. Kekontrasan warna ungu pun mampu menarik perhatian orang disekitarnya sehingga mudah dilihat.

 

Dikarenakan hari raya dan bulan puasa dapat datang pada musim dan waktu kapanpun, memadukan hiasan hari ramadhan dengan musim juga akan membuatnya lebih menarik. Hal yang paling sederhana adalah menggabungkan dekorasi dengan berbagai bunga yang sesuai dengan musim waktu itu. Jadikan hari rayamu lebih cantik dan juga berkelas.

Jadi, beberapa dekorasi di atas bisa kamu gunakan untuk menghias rumahmu menjelang hari raya. Persiapkan segalanya dengan matang sehingga semuanya akan terlihat sempurna pada hari H nanti!

sumber furnizing.com

Baca Juga :  Trik Persiapan Mudik Supaya Anak Betah di Jalan

You may also like

Leave a comment