fbpx
tips menentukan resolusi tahun baru

Jangan Cuma Wacana, Ini Tips SMART Menentukan Resolusi Tahun Baru!

Halo Kerabat Sofyan, penghujung akhir tahun semakin dekat. Sudah berapa banyak resolusimu di tahun ini yang sudah terlaksana? Jika masih banyak, kamu harus evaluasi dari perencanaanmu agar tahun depan resolusimu tidak sekedar wacana. Berikut adalah Tips SMART menentukan resolusi tahun baru yang mimin ambil dari buku-buku Management yang bisa kita ambil untuk membuat resolusi di tahun depan.

tips menentukan resolusi tahun baru

SMART adalah akronim dari konsep Manajemen yang sudah lama dikenal di dunia perencanaan. SMART adalah kependekan dari Spesific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-related. Yuk, mulai bikin resolusimu dengan cara SMART berikut:

1. S – Spesific

Buatlah target yang spesifik ke tujuanmu. Berisi tentang apa yang paling ingin kamu capai dan memberikan tantangan kepadamu. Resolusimu jangan terlalu luas, tapi buatlah menjadi lebih spesifik yang kamu akan langsung dapat dengan mudah membayangkannya.

  • Resolusi 2019 : Saya Ingin Punya Mobil  (Tidak Spesifik)

  • Resolusi 2019 : Pengen Liburan di Luar Negeri ( Tidak Spesifik)

  • Resolusi 2019 : Saya Ingin Membeli Mobil Nissan skyline r34 (Spesifik)

  • Resolusi 2019 : Saya Ingin Umroh dengan Ayah dan Ibu ( Spesifik)

 

2. M – Measurable

Resolusi yang kamu buat akan lebih baik jika dapat diukur, alias kamu bisa memperkirakan berapa besar effort / dana  yang kamu butuhkan untuk merealisasikannya. Janganlah memuat target yang kamu sendiri tidak dapat mengukurnya dengan kemampuanmu.

  • Resolusi 2019 : Saya Ingin Umroh plus Turki dengan Ayah dan Ibu ( Spesifik tapi tidak Measurable)

  • Resolusi 2019 : Saya Ingin Umroh plus Turki Triple senilai 30 jt dengan Ayah dan Ibu ( Spesifik dan Measurable)

 

promo di sofyan hotel cut meutia jakarta pusat

3. A – Assignable/Achievable

Resolusi yang kamu buat menunjukan siapa/dengan siapa yang akan mencapainya serta apakah dapat diraih. Resolusi yang terlalu mudah membuatmu menjadi tidak tertantang. tetapi juga jang memmbuat terlalu sulit sehingga membuatmu pesimis. Misalnya jika kamu seorang sales ingin mendapatkan 500 klien baru di 2019, maka kamu harus bekerja sama dengan orang yang menurutmu bisa membantumu mendapatkan 500 klien tersebut.

Dengan membuat target yang spesific dan measurable, kamu pasti bisa mengukur kemampuanmu apakah target itu achievable atau tidak. Hanya kamu dan Tuhan sendirilah yang paling tahu kemampuanmu. Misal jika kamu seorang pedagang baju dengan omzet perbulan 10 juta, maka untuk memberangkatkan umroh kedua orang tua adalah target yang achievable. Sebaliknya, jika kamu membuat target membeli mobil Lamborghini seharga Rp 5 M, maka itu tidak achievable.

Editors Pick:

Trend Wisata Halal Indonesia

6 Restoran Halal di Tebet Jakarta Yang Enak

Kuliner Halal Di Bandung (Ulang Tahun Kota Bandung)

 

4. R – Realistic

Masih erat kaitannya dengan nomor 3, target yang realistis biasanya adalah target yang achievable. Memang segalanya adalah kuasa Tuhan Yang Maha Esa, namun upaya kita sendirilah yang sedikit banyak menentukan apa yang kita dapatkan. Bukankah dalam Al Qur’an juga Alloh SWT berfirman yang artinya kurang lebih, Alloh tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka sendirilah yang mengubah keadaan mereka.

  • Resolusi 2019 : Ingin Mendaki Gunung Everest ( Tidak Realistis, kecuali kamu adalah seorang pendaki profesional dengan pengalaman mendaki bertahun-tahun)

  • Resolusi 2019 : Ingin Jadi Presiden Indonesia (Tidak Realistis, kamu telat daftarnya)

  • Resolusi 2019 : Ingin Menyelenggarakan halal wedding di Sofyan Hotel (Realistis, kamu juga bisa dapet promonya disini.)

promo di sofyan hotel soepomo jakarta selatan

 

5. T – Time Related

Nah, dan tips SMART terakhir adalah harus ada waktu yang kamu tentukan sendiri kapan mencapainya. kamu harus tegas dalam menentukan waktu untuk mencapainya. jangan terlalu longgar atau terlalu mepet, kamu punya waktu setahun untuk merealisasikannya.

  • Resolusi 2019 : Ikut Sidang akhir di kampus ( tidak time-related, kamu bisa buat lebih spesifik kapan waktunya)

  • Resolusi 2019 : Meminang si Doi tanggal 18 April 2019 ( Time Related, Top banget!!)

 

nah itu dia tips SMART dalam menentukan resolusi di tahun 2019. Kamu bisa berlatih menulis targetmu di kolom komen ya, dan kita amiin kan sama-sama semoga rencana baik kita di tahun depan diridhoi Alloh SWT, dan dimudahkan dalam menjalankannya. 😉

 

promo di sofyan hotel cut meutia jakarta pusat

Baca Juga :  Event : Gebyar Pesona Budaya Garut

You may also like