fbpx
hotel murah di menteng

Cerita Perjalanan Sofyan Hotel yang Hijrah Jadi Hotel Syariah

Sofyan Hotel Cut Meutia, Jakarta (Foto: Sofyan Hotel)

Sofyan Hotel adalah satu dari beberapa hotel syariah yang ada di Indonesia. Berlokasi di Jakarta Pusat, siapa sangka dahulunya hotel ini merupakan hotel konvensional

Alyssa Ramadhany, Marketing Communication Manager dari Sofyan Hotel beberapa waktu lalu membagikan kisah perjalanan Sofyan Hotel kepada kumparanTRAVEL. Di awal cerita, ia mengatakan jika hotel tempatnya bekerja berdiri sekitar tahun 1970-an dan banting setir di tahun 1992.

Musala di Sofyan Hotel, Jakarta (Foto: Hotel Sofyan)

Dan mulai ditahun tersebutlah, perubahan terlihat dengan ditutupnya beberapa fasilitas demi menjujung tinggi prinsip syariah. Ya, diskotek dan bar yang sebelumnya selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang gemar berdansa atau sekedar minum cocktail harus tutup selamanya.

Alhasil, tak sedikit pengunjung yang kaget dengan perubahan ini. Tamu diskotek dan bar pun sudah tak bisa lagi meramaikan hotel.

Musala di Sofyan Hotel, Jakarta (Foto: Hotel Sofyan)

Alyssa menambahkan, jika tahap perubahan selanjutnya dengan menghilangkan alkohol dari menu makanan atau minuman. Kemudian disusul dengan standar operasional prosedur (SOP). Perubahan SOP ini terlihat pada karyawan hotel yang harus menggunakan hijab dan pakaian tertutup. Kemudian, staff juga harus mengucapkan salam kepada tamu. Tak hanya itu, tiap dua minggu sekali digelar kajian untuk karyawan hotel.

Perubahan ke konsep syariah ini tentu memberikan efek. Namun, menurut Alyssa, justru hal ini membuka ‘pasar lain’. “Kalau turun mungkin yang dulu datang jadi berhenti. Tapi malah membuka pasar baru,” ucapnya.

Alat Salat yang Disediakan Hotel Sofyan, Jakarta (Foto: Bella Cynthia / kumparan)

Mendapat pasar baru serta menyandang gelar hotel halal, Sofyan Hotel tentu memiliki perbedaan dari hotel konvensional. Seperti menyediakan Al-Quran, peralatan salat, penunjuk kiblat hingga informasi mengenai jadwal salat di tiap kamar. 

Selain itu, setiap toilet di kamar juga dilengkapi pancuran yang bisa digunakan untuk mengambil wudhu. Sementara stasiun TV juga didominasi channel lokal atau dari Timur Tengah.

Sumber: https://kumparan.com/@kumparantravel/cerita-perjalanan-sofyan-hotel-yang-hijrah-jadi-hotel-syariah-1543577400036984505

Baca Juga :  5 Fakta Unik Binatang Kesayangan Rasulullah

You may also like