fakta unik bulan desember

7 Fakta Unik Bulan Desember, no 3 Tak Terduga

Halo Kerabat Sofyan, tak terasa kita sudah sampai di penhujung tahun 2018. Kira-kira apa resolusi mu di tahun 2018 yang belum tercapai, segera kebut di bulan Desember ini. Nah, pasti sebagian dari kamu belum tahu beberapa fakta unik bulan Desember di bawah ini. Kalau suka artikelnya, tinggalkan komentar di bawah atau share via social media ya.

fakta unik bulan desember

1. Batu Mulia Bulan Desember

fakta unik bulan desember

Tahukah kamu kalau bulan Desember memiliki simbol batu dan bunga khusus. Ya, Turquoise, Zircon, dan Tanzanite adalah simbol-simbol batu mulia untuk bulan Desember. Yang unik dari batuan ini adalah warnanya yang kebiruan pertanda dari musim dingin saat bulan Desember.

2. Bunga Bulan Desember

fakta unik bulan Desember

 

Bunga Holly memiliki 480 species dan Narcissus adalah salah satu diantaranya. Bunga ini adalah simbol dari Bulan Desember. Inilah bunga yang paling banyak dikirimkan sebagai hadiah saat bulan Desember. Warnanya yang cantik didominasi warna putih mengingatkan bulan Desember adalah bulan yang diselimuti salju. Kamu kapan nih, mau ngasih bunga Narcissus ini untuk si doi? hehe

 

3. Desember Awalnya Bulan ke-10

fakta unik bulan desember

Tahukah kamu kalau bulan Desember awalnya adalah bulan ke sepuluh pada kalender Romawi/masehi. Nama bulan Desember diambil dari bahasa latin “Decem” yang berarti sepuluh. Namun ketika Romawi menambahkan bulan Januari dan Februari kedalam penanggalan, maka jumlah bulannya menjadi dua belas, meskipun nama Desember berarti sepuluh. Di Jerman bulan Desember juga disebut Heil-Mond (Holy Month) bulan Suci.

 

4. Hari Terpendek & Malam Terpanjang

fakta unik bulan desember

Tahukah kamu kerabat Sofyan jika pada tanggal 21 & 22 Desember adalah hari pertama musim dingin. Pada tanggal tersebut merupakan siang hari terpendek dan malam terpanjang dalam setahun. Ini disebut Winter atau Southern solstice di belahan bumi utara.

 

BACA: 

Merinding, Ini Isi Pidato Bung Tomo di Hari Pahlawan

 

5. Desember dalam Berbagai Bahasa

fakta unik bulan desember

  • Chinese (Mandarin) – shí’èryuè
  • Danish – december
  • French – décembre
  • Italian – dicembre
  • Latin – December
  • Spanish – diciembre

6. Peristiwa Sejarah di Bulan Desember

 

1783 – Pelayaran berawak pertama dari balon hidrogen yang lebih ringan dari udara meninggalkan Paris membawa Profesor Jacques Alexander Cesar Charles dan Marie-Noel Robert hampir 500 kaki dan mendarat 28 mil jauhnya setelah sekitar 2 jam di udara.

1841 – Mesin kapal uap pertama yang dibangun di Amerika untuk kapal bermesin sekrup, dirancang oleh John Ericsson dan dibangun oleh Kapten Sylvester Doolittle, yang dipasang di kapal Vandalia, diluncurkan.

1888 – Sawahlunto, Sumatera Barat, menjadi sebuah kota.

1918 – Islandia menjadi sebuah kerajaan mandiri namun tetap satu dengan Denmark.

1956 – Hatta mengundurkan diri sebagai wakil presiden. Kursi Wapres RI kosong hingga tahun 1973.

 

7. Lamaran Paling Banyak Diterima

fakta unik bulan desember
Mungkin mengejutkan untuk tahu tetapi catatan mengatakan bahwa jumlah maksimum lamaran pernikahan diterima di bulan Desember itu sendiri. Ini menunjukkan bahwa jika Anda ingin mengajukan cinta Anda untuk pernikahan, Anda harus memilih bulan ini karena meningkatkan kemungkinan ya hingga maksimum. Selain itu, diketahui bahwa sebagian besar proposal terjadi pada minggu menjelang Natal. jadi, tunggu apalagi, segera wujudkan resolusi 2018 tidak jomblo lagi. hehe

 

BONUS!

8. Bulan Tersibuk Untuk Tarik Tunai ATM

fakta unik bulan desember

Sungguh menakjubkan menemukan bahwa Desember adalah bulan tersibuk untuk penarikan uang tunai dari ATM di Inggris. Dalam catatan tentang total sekitar £ 11billion diharapkan akan dibawa keluar. Ini jelas menunjukkan bahwa Desember memainkan peran besar dalam transaksi bisnis tidak hanya di Inggris tetapi di seluruh dunia.

 

Itulah tadi beberapa fakta unik di bulan Desember, jangan lupa share ya.

 

Baca Juga :  Bangunan Sofyan Hotel Cut meutia adalah bangunan Cagar Budaya | Sofyan Hotel

You may also like